Tips Kelola Gaji, Utang Boleh Tapi...

Perusahaan konsultan perencanaan keuangan independen, Fokus Finansial, memberikan tips mengenai cara mengelola keuangan dari gaji yang diterima. "Gaji yang diterima idealnya dikonsumsi sebanyak 50 persen," kata Rina Dewi Lina, Chief Executive Officer Fokus Finansial dalam konferensi pers 'Gen X & Y: Career, Finance, and the Challenges', di Jakarta Selatan, Rabu, 16 Desember 2015.

Rina mengatakan setengah gaji yang diterima setiap bulan idealnya dipakai untuk konsumsi, transportasi, dan kebutuhan lain seperti jalan-jalan. "Sisanya kita harus punya utang," kata Rina.

PT Danareksa Investment Management Memilih Top Down Sebagai Strategi Mengelola Dana Nasabahnya/ (Ilustrasi Foto : Catur Utaryanto/SWA). PT Danareksa Investment Management Memilih Top Down Sebagai Strategi Mengelola Dana Nasabahnya/ (Ilustrasi Foto : Catur Utaryanto/SWA).

Utang yang dimaksud Rina, adalah utang yang sifatnya meningkatkan aset, seperti pembelian properti. Sementara untuk utang yang bersifat konsumtif, seperti cicilan barang, Rina menyarankan agar jumlahnya tidak melebihi 15 persen dari gaji.

Rina menjelaskan, bagi generasi muda yang lahir pada 1981-1994 (Gen Y), bisa mulai menabung sejak mulai bekerja. "Usahakan sebisa mungkin menekan konsumsi hanya 50 persen. Sisanya harus mulai bisa cicil KPR (kredit pemilikan rumah). Sepuluh persen bisa ditabung atau investasi," ujarnya.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)