Tren Transaksi E-Commerce di Indonesia
Tumbuhnya pengguna internet di Indonesia serta mulai beralihnya gaya berbelanja masyarakat yang lebih modern (online shopping) nampaknya menjadi salah satu faktor yang mendorong tingginya pertumbuhan e-Commerce di Indonesia. Berdasarkan survey APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) yang dirilis pada 2014 lalu, pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252,5 juta jiwa, maka dapat dikatakan bahwa penetrasi pengguna internet di negara ini mencapai 34,9%.
Tingginya tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia ini juga diikuti oleh pertumbuhan nilai e-Commerce di Indonesia. Dalam 2 tahun terakhir (2013-2015) rata-rata pertumbuhan nilai e-Commerce mencapai 33% dan diprediksikan tahun 2016 nilai e-Commerce mencapai US$ 24,6 miliar atau Rp 332 triliun. (Armiadi Murdiansyah)