Ada 1 Juta Ancaman Terhadap Android di 2013

Penggunaan perangkat mobile, seperti ponsel pintar hingga tablet, kian marak. Melalui perangkat tersebut, masyarakat semakin sering  mengakses internet, misalnya saja akses ke situs jejaring sosial. Kondisi ini ternyata merupakan sasaran empuk bagi para penjahat cyber.

Perusahaan yang bergerak di keamanan cloud, Trend Micro, melihat bahwa ancaman program jahat (malware) terhadap piranti Android, yang merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan oleh piranti mobile, semakin tinggi. Kepada sejumlah wartawan, di Jakarta, Senin (28/1/2013), James Lee, Director Business Strategy&Operations Trend Micro, mengatakan, “Ada 1 juta aplikasi Android yang berbahaya hingga akhir 2013.”

James Lee, Director Business Strategy&Operations Trend Micro

Tahun 2012, Trend Micro sendiri telah mendeteksi sebanyak 350.000 ancaman pada peranti Android. Jumlah ancaman ini diperkirakan bakal merajalela di tahun ini. Lantaran jumlah perangkat mobile  naik semakin signifikan. Pertumbuhannya bahkan mengalahkan perangkat PC.

Penggunaan perangkat mobile yang begitu besar menjadi sasaran bagi para penjahat cyber. Ini bisa dilihat dari laju pertumbuhan malware pada piranti Android cukup signifikan. Bahkan, menurut Trend Micro, hanya butuh waktu 1 tahun bagi Android untuk mencapai volume ancaman program jahat (malware threat) dibandingkan PC yang butuh waktu 14 tahun.

James mengatakan, rentannya Android terhadap serangan program jahat karena keterbukaan yang dimiliki oleh sistem operasi ini. Di mana aplikasi Android bisa dibuat oleh banyak developer. “Mungkin tren di Android, kalau punya tablet atau smartphone, kita sering dapat notifikasi. Biasanya malware di Android pakai notifikasi, di mana ketika kita klik dia akan buka browser yang mengarah ke suatu site yang mungkin sudah ada malware. Atau, kalau kita download aplikasi, itu sudah include notifikasi. Atau, suka ada iklan atau apa, itu bisa mengarah ke malicious site, site-site yang berbahaya," jelas Yudi Arijanto, Technical Consulting Manager Trend Micro. (EVA)

Akan tetapi, rentannya Android tidak bisa serta merta bisa disimpulkan bahwa perangkatnya tidak aman untuk dipakai. “Itulah indahnya Android,” tandas James. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)