WFH dan SFH Picu Kenaikan Penjualan Buku, Komputer, dan Laptop

Situasi pandemi saat ini mendorong masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas di rumah, baik itu bekerja (work from home) maupun sekolah (school from home). Namun, beraktivitas dari rumah memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari sulit berkonsentrasi hingga terbatasnya peralatan penunjang kerja.

Agar aktivitas selama di rumah berjalan dengan lancar, masyarakat pun banyak yang memperbarui peralatan penunjang kerjanya, dan belanja daring menjadi alternatif karena dapat mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.

"Hal ini memicu peningkatan transaksi pada kategori komputer dan laptop. wifi extender, meja laptop, mouse, webcam dan headset tercatat sebagai produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat selama kuartal III 2020," ujar Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia.

Di sisi lain, pandemi juga mendorong masyarakat lebih banyak membaca selama di rumah. Pada kategori Buku, bacaan tentang pengembangan diri, pendidikan, religi dan buku fiksi menjadi produk yang paling populer.

Lebih lanjut Nuraini mengungkapkan, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik, sertaHandphone & Tablet menjadi lima kategori paling populer di Tokopedia selama periode Juli hingga September 2020.

Pada kategori Makanan dan Minuman, penjualan meningkat hampir 3 kali lipat selama pandemi. Produk sembako seperti telur dan ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi produk yang paling laris.

Masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah juga mendorong peningkatan pada kategori Rumah Tangga yang mencapai lebih dari 2 kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi. Tempat sepatu dan sandal, pengharum ruangan dan bantal tidur menjadi produk yang paling digemari.

Pada kategori Elektronik, produk seperti bohlam pintar, earphone, antena dan receiver TV menjadi produk yang paling laris. Sementara pada kategori Handphone & Tablet, penyangga dan tripod untuk telepon seluler, powerbank serta kabel data merupakan produk yang paling banyak dicari.

"Kategori Kesehatan di sisi lain juga mengalami peningkatan hampir 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode sebelumnya. Masker dan face shield masih menjadi produk kesehatan yang paling dicari masyarakat," terangnya.

Kegiatan berolahraga juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi. Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori Olahraga selama kuartal III 2020.

"Kesadaran masyarakat untuk tetap merawat diri walau di tengah pandemi mendorong adanya peningkatan pada kategori Perawatan Tubuh yang mencapai lebih dari 2 kali lipat," tambah dia.

Selain itu, pada kategori Kecantikan, serum wajah lokal, krim dan pembersih wajah menjadi produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Salah satu pegiat usaha lokal yang menghadirkan beragam produk perawatan wajah, Aubree Skin, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 10 kali lipat selama periode Juli-September 2020.

Pada kategori Fashion Pria dan Wanita, kaos, celana pendek, aksesoris kacamata, jam tangan, baju tidur dan pakaian dalam menjadi yang paling populer. Sementara pada kategori Fashion Muslim, perlengkapan ibadah, jilbab dan gamis menjadi produk yang paling laris.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)