Business Research

Wow, MNC Group Raup Iklan Rp 23,3 Triliun

Wow, MNC Group Raup Iklan Rp 23,3 Triliun

Iklan TV beredar di banyak stasiun TV di Indonesia. Tahun ini, RCTI mereguk belanja iklan TV paling besar. Selama kurun Januari-November 2015, RCTI meraup iklan TV sebesar Rp 9,9 triliun. Disusul, rival terkuatnya, SCTV yang menangguk Rp 8,8 triliun.

Sukses RCTI ini diikuti oleh anggota MNC Group lainnya yaitu MNC TV dan Global TV. Grup milik Hary Tanoesoedibjo itu meraup iklan sebesar Rp 23,3 triliun dan menggenggam pangsa pasar 36%. Mereka unggul jauh dari pesaing terdekatnya SCM Group, yaitu SCTV dan Indosiar yang menguasai 24% market share.

Oerianto Guyandi, Direktur Global Mediacom (kiri), dengan Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC Group (tengah)

Oerianto Guyandi, Direktur Global Mediacom (kiri), dengan Hary Tanoesoedibjo, CEO MNC Group (tengah)

Di belakang mereka ada Viva Group dengan raihan iklan sebesar Rp 11,1 triliun (17%) dan Trans Group dengan iklan sebesar Rp 9,7 triliun (15%). Demikian rilis resmi Adstensity, sebuah aplikasi media monitoring khusus iklan-iklan TV bersama Adstream Worldwide, sebuah perusahaan data aset manajemen global bagi industri advertising dan marketing.

Dari data tayangan iklan TVC/ads spot yang dihimpun Adstensity, selama kurun Januari-November 2015, perolehan iklan TV baru mencapai Rp 65,5 triliun. Jadi, masih ada gap sekitar Rp 33,4 triliun di satu bulan terakhir 2015. Dengan rata-rata belanja per bulan sebesar Rp 5,9 triliun, tambahan pendapatan di Desember 2015, tak akan mampu menyamai angka belanja iklan TV pada tahun lalu.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved