Zoom dan Tiktok Paling Banyak Diunduh Selama April 2020

Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower merilis laporan bulanan tentang aplikasi-aplikasi yang paling banyak diunduh dan paling laris selama April 2020.

Dalam laporan tersebut, Zoom menjadi aplikasi mobile yang paling banyak diunduh baik di App Store maupun di Google Play Store. Zoom dinyatakan sebagai aplikasi non-game dengan hampir 131 juta pemasangan atau tumbuh 60 kali lipat dari periode yang sam tahun sebelumnya.

Negara yang paling banyak memasang Zoom selama periode ini adalah India dengan 18,2% dari total unduhan. Diurutan kedua ditempati Amerika Serikat dengan unduhan sebesar 14,3%.

Adapun Tiktok adalah aplikasi non-game kedua yang paling banyak diinstal di seluruh dunia pada April 2020 dengan lebih dari 107 juta pemasangan, meningkat 2,5 kali lipa dari April 2019.

"Negara dengan jumlah pemasangan Tiktok terbesar adalah India sekitar 22%, diikuti oleh Amerika Serikat sebesar 9,4%," ujar Julia Chan, Mobile Insights Analyst di Sensor Tower yang dikutip SWA Online dalam keterangan resmi, Rabu (13/05/2020).

Selain itu, Facebook, WhatsApp, dan Instagram melengkapi lima aplikasi non-game paling banyak dipasang di seluruh dunia pada April 2020, diikuti Messenger, Aarogya Setu, Google Meet, Netflix, serta Microsoft Teams.

Hasil laporan ini adalah taksiran Sensor Tower secara keseluruhan mencakup unduhan untuk App Store dan Google Play di seluruh dunia dalam rentang waktu 1 April 2019 hingga 30 April 2020. Sementara Aplikasi Apple dan aplikasi pra-instal Google dikecualikan.

"Kami hanya melaporkan pemasangan unik saja. Perkiraan Android tidak termasuk toko pihak ketiga. Angka mewakili pemasangan total semua versi aplikasi misalnya Facebook dan Facebook Lite," tutur Julia.

Selain merilis laporan aplikasi-aplikasi yang paling banyak diunduh, Sensor Tower juga melaporkan aplikasi non-game terlaris di dunia pada April 2020. Diurutan pertama ditempati Tiktok dengan pengeluaran pengguna lebih dari US$ 78 juta, atau naik 10 kali lipat dari April 2019. Sekitar 86,6% pendapatan Tiktok berasal dari Tiongkok, diikuti oleh Amerika Serikat sebesar 8,2%.

Youtube menjadi aplikasi non-game berpenghasilan tertinggi kedua di dunia pada April 2020 dengan pendapatan kotor (gross revenue) hampir US$ 76 juta, atau tumbuh 57% yoy dari April 2019. Sekitar 56,4% dari pendapatan Youtube berasal dari AS, diikuti oleh sekitar 11% dari Jepang.

Aplikasi terlaris berikutnya adalah Tinder, diikuti oleh Disney +, Tencent Video, Netflix, iQIYI, Bigo Live, Line Manga, dan Google One.

"Taksiran pendapatan tersebut berasal dari App Store dan Google Play di seluruh dunia antara 1 April 2019 dan 30 April 2020 dan mewakili pengeluaran kotor pengguna. Peringkat ini tidak termasuk pendapatan aplikasi dari pihak ketiga," ujar Julia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)