Cakap Raih Pendanaan US$ 3 Juta

Platform belajar bahasa online, Cakap, berhasil mengumpulkan pendanaan senilai US$ 3 juta dalam putaran Seri A+ yang dipimpin oleh Heritas Venture Fund dan partisipasi Strategic Year Holdings. Investor lainnya seperti Investidea Ventures dan Prasetia Dwidharma juga turut berpartisipasi dalam pendanaan ini.

Selama situasi pandemi, Cakap telah menjembatani pembelajaran alternatif sehingga jumlah siswa meningkat 10 kali lipat sejak awal tahun 2020 atau naik 30 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Cakap telah menjalin mega kemitraan dengan Telkomsel dan dipercaya oleh beberapa instansi pemerintah seperti: unit organisasi non eselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika BAKTI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris daring bagi praktisi perhotelan dan UMKM yang terdampak oleh penurunan ekonomi. Cakap juga menggagas beberapa program bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk Komunitas perhotelan, serta berkolaborasi dengan Telkomsel dan Kemendikbud untuk membantu siswa yang belajar dari rumah.

Aplikasi ini pun telah mengembangkan dua produk utama, yakni Cakap for Kids untuk anak-anak usia 4-12 tahun belajar bahasa Inggris dan Cakap Upskill yaitu pelatihan online dengan interaksi dua arah dengan topik pembelajaran mengenai ilmu informatika dan kaitannya.

Co-founder dan CEO Cakap, Tommy Yunus menjelaskan kunci kesuksesan Cakap selama pandemi adalah mengerti lanskap edukasi Indonesia dan menyelesaikan masalah target market, di mana akses pendidikan berkualitas tinggi tidak hanya dibutuhkan oleh murid-murid di kota besar, tetapi juga di seluruh daerah.

“Kami bersemangat menjadi bagian dari transformasi pembelajaran digital di Indonesia, membantu mendemokratisasi akses ke pendidikan berkualitas, dan meningkatkan derajat hidup orang-orang,” ujar Tommy.

Cakap akan menggunakan dana segar Seri A+ tersebut untuk merekrut lebih banyak pemikir-pemikir brilian untuk bergabung, pengembangan teknologi canggih, dan ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia dan kawasan, seiring pengembangan ke arah K-12 dan pasar keterampilan vokasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Cakap

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)