Calon Pemimpin RI Harus Siap Hadapi Tantangan Pertanian

Selama empat tahun, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah berhasil mencatatkan berbagai pencapaian yang positif di sektor pertanian.

Ke depannya pencapaian-pencapaian ini akan makin dioptimalkan dengan duet pemimpin yang segar, memiliki perhatian dan pemahaman di sektor pertanian.

Presiden Jokowi sejak awal telah menaruh perhatian besar tentang kedaulatan pangan yang tercermin di dalam Nawacita. Perhatian ini terefleksi pula dari besaran infrastruktur terkait pertanian yang telah dibangun selama ini.

Hal ini dikonfirmasi oleh Sekjen HKTI, Mayor Jenderal (Purn) Bambang Budi Waluyo, yang menjelaskan, “Pak Jokowi meningkatkan infrastruktur itu sangat bagus sekali. Belum 5 tahun memimpin, tapi sudah membangun, wilayah luar Jawa yang selama ini tidak pernah disentuh presiden sebelumnya.”

Ke depannya, pembangunan sektor pertanian harus diiringi dengan pengembangan soft skill. Jend. (Purn) Moeldoko memaparkan pandangannya tentang isu-isu strategis di sektor pertanian yang harus segera ditangani. Pertama, sempitnya lahan; kedua, akses petani terhadap perbankan sangat rendah; ketiga, respons petani terhadap teknologi pertanian masih belum baik; keempat, persoalan manajerial; dan kelima, persoalan paska panen.

Lebih jauh lagi, Moeldoko telah mengidentifikasi permasalahan tambahan yaitu kurangnya minat generasi muda untuk masuk ke sektor pertanian. “Ini karena kondisi pertanian kita kurang menjanjikan. Kalau kita coba dari kondisi yang kurang menjanjikan menjadi menjanjikan, maka saya pastikan banyak yang akan bergabung dengan kita (petani),” ujarnya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)