Canangkan Industri Perikanan Berkelanjutan, Aruna Raih Pendanaan US$35 Juta

Aruna mendapatkan pendanaan seri A senilai US$35 juta atau setara Rp500 miliar. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Prosus Ventures dan East Ventures (Growth Fund) dengan partisipasi dengan SIG dan juga investor-investor sebelumnya, seperti AC Ventures, MDI, Vertex Ventures.

Pendanaan ini akan digunakan untuk melakukan ekspansi di market nasional dan memperkuat rantai pasok. Selain itu, pendanaan ini juga akan digunakan untuk mendukung penambahan pelanggan di pasar baru atau new market dan menambah komoditas. “Kami akan meningkatkan kapabilitas teknologi dan data analitik” kata Farid Naufal Aslam, CEO and Co-Founder Aruna. Saat ini, Aruna telah menggandeng 21.300 nelayan di 13 provinsi.

Lebih jauh, Farid mengatakan bahwa pendanaan ini akan membantu platform dalam meningkatkan jaringan nelayan dan penambak di seluruh dalam memenuhi permintaan global. Didirikan pada tahun 2016 oleh Farid Naufal Aslam, Indraka Fadhlillah dan Utari Octavianty, Aruna memiliki visi untuk mentransformasi rantai pasok perikanan di Indonesia dalam memenuhi permintaan pasar global yang terus melonjak dengan inovasi teknologi.

Jika awalnya industri perikanan memiliki proses yang panjang, teknologi dari Aruna menjadi agregator rantai pasok dari hulu ke hilir, sehingga terintegrasi dengan nelayan. Bersamaan dengan pendanaan ini, Aruna juga mengumumkan penunjukan Budiman Goh sebagai presiden utama perusahaan dan menunjuk Utari Octavianty, sebagai Chief Sustainability Officer (CSO).

“Kami mendukung industri perikanan yang berkelanjutan dan adil untuk semua,” kata Utari Octavianty sebagai Chief Sustainability Officer (CSO). Menurutnya, start up akan mengkombinasikan teknologi dengan local insight  dan juga studi kasus dari pasar global, sembari menjaga ekosistem, memberdayakan masyarakat pesisir dan memenuhi permintaan dari pasar global.

 “Sektor ini akan tumbuh pesat. Visi Aruna selaras dengan visi kami untuk membangun ekonomi perikanan dan kelautan yang berkelanjutan yang akan berdampak positif untuk waktu yang lama,” kata Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)