CAP Rilis Obligasi Rp750 Miliar Berjangka Waktu 3 Tahun

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP) menerbitkan obligasi berjangka waktu tiga tahun senilai Rp750 miliar dengan kupon 9,5% pada 31 Mei 2019. Obligasi TPIA02CN2 ini terus bertransaksi di level premium pada 5 Juli 2019.

Hal ini mengukuhkan kesuksesan CAP dalam memenuhi pasar pendapatan tetap dalam negeri, sebagai bagian dari program Obligasi Berkelanjutan tahap II yang telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan target pendanaan sebesar Rp 2 triliun.

Erwin Ciputra, Presiden Direktur CAP, mengatakan, keberhasilan obligasi ini menegaskan keyakinan perusahaan atas kepercayaan pasar terhadap kinerja operasional dan finansial CAP.

“Tanggapan dan umpan balik masyarakat positif pada Bond Investor Day pertama kami Maret 2019. Kami berharap dapat berkembang bersama para investor melalui peluncuran obligasi lain di masa depan dengan yield yang menarik, didukung oleh pertumbuhan yang stabil dan fundamental yang solid,” ujar Erwin.

Obligasi ini mendapatkan rating idAA- dari Pefindo. Pefindo menyimpulkan bahwa kapasitas CAP dalam memenuhi komitmen finansial jangka panjangnya atas debt security sangat kuar dibandingkan dengan debitur lain.

Erwin menjelaskan, dana yang terkumpul dari obligasi ini akan digunakan untuk membiayai pembangunan proyek Methyl Tert-butyl Ether (MTBE) dan Butene-1 yang rencananya akan beroperasi pada kuartal ketiga 2020, demi melebarkan sumber revenue perusahaan dan mempertahankan kepemimpinan di pasar petrokimia Indonesia.

Lembaga pemeringkat global, Standard & Poor's (S&P) Global Ratings, dalam press releasel 26 Juni 2019 juga mengumumkan kenaikan peringkat utang jangka panjang CAP dari B+ menjadi BB- dengan outlook stable. Kenaikan peringkat BB- dari S&P ini juga berlaku untuk obligasi senior tanpa jaminan senilai US$ 300 juta milik perusahaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)