Trends

Cara Menciptakan Gerakan Berdampak dengan Pendekatan Bisnis

Pendiri Waste4Change dan Greeneration Indonesia Mohamad Bijaksana Junerosano (kanan) dalam acara Every U Does Good Heroes Summit. (Foto Zoom)

Menggerakkan masyarakat atau sosial untuk bersama-sama berubah menjadi lebih baik merupakan langkah yang sulit. Diperlukan ketekunan dan keuletan yang ekstra agar gerakkan yang diciptakan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, maupun bisnis.

Mohamad Bijaksana Junerosano selaku Pendiri Waste4Change dan Greeneration Indonesia memberikan tips agar sukses membangun gerakan yang berdampak secara sosial maupun bisnis. Salah satunya adalah dengan menggunakan prinsip WISDOM yang merupakan singkatan dari Watak, Impian, Strategi, Didik, Otak dan Otot, dan Manajemen.

“Sebagai garis start, ayo pahami watak terlebih dahulu, kenali diri kita, apa kelebihan dan kekurangannya. Lalu tanamkan energi dengan impian atau legacy yang ingin kita tinggalkan di dunia dan kelak menjadi garis finish,” ujar Bijaksana dalam acara Every U Does Good Heroes Summit, Sabtu (28/1/2023).

Bijaksana melanjutkan, jika sudah memahami watak dan menanamkan impian, maka selanjutnya adalah membuat strategi dan rencana-rencana untuk merealisasikannya. Kemudian sepanjang perjalanan, selalu didik (mendidik) diri, jangan malu untuk terus belajar, baik dari buku, pengalaman orang, maupun eksperimen.

Menurut Bijaksana, gunakan otak dan otot agar bisa bekerja dengan keras dan cerdas. Lalu pastikan gerakan yang dibuat memiliki manajemen yang baik mulai dari waktu, keuangan, kalbu hingga hati. Untuk memastikan agar movement, berhasil dengan baik, gunakan konsep gunung es sehingga dapat tergali secara mendalam apa permasalahan yang sebenarnya terjadi dan solusi apa yang bisa kita lakukan.

“Ingat, perubahan di dunia ini kebanyakan dipimpin oleh entrepreneur, orang-orang yang bisa memecahkan masalah dan menawarkan solusi. Kerjakan dulu apa yang bisa kita kerjakan, jangan berharap langsung tinggi, hasil akan mengikuti seiring dengan konsistensi kita melakukan usaha-usaha,” katanya.

Every U Does Good Heroes Summit merupakan kegiatan yang diadakan Unilever sebagai wadah generasi muda yang memiliki ide dan gerakan yang sejalan dengan tiga pilar yaitu membangun planet yang lebih lestari, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan inklusif. Dilakukan secara hybrid pada 28-29 Januari 2023, diikuti oleh 100 finalis dari berbagai wilayah Indonesia.

Head of Communication PT Unilever Indonesia Indonesia Kristy Nelwan menjelaskan Unilever senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak demi menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif, tak terkecuali generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa. Melalui program Every U Does Good Heroes, pihaknya mendukung semangat para millennials dan Gen-Z untuk membuat perubahan dengan menyediakan ekosistem yang dapat membantu memperkuat dan merealisasikan ide mereka, serta membuka peluang untuk saling berkolaborasi.

“Pembekalan sebagai sociopreneurs menjadi pembeda Every U Does Good Heroes dengan program lainnya. Diharapkan para peserta program akan menjadi sociopreneurs masa depan yang tidak hanya memiliki kepedulian bagi lingkungan dan sosial, namun juga piawai menggunakan perspektif bisnis dalam berkembang dan mengatasi tantangan, sehingga gerakan atau program yang diusung dapat dijalankan secara berkelanjutan,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved