Cara Mudah Periksa Kesehatan Melalui Medika App

Kegelisahan untuk mendapat kepastian bertemu dokter dan ketidakpastian berapa lama antrean di rumah sakit, menjadi peluang  tersendiri bagi Danang Firdaus. Dari pengalamannya melalui PT Medika Cipta Digital, ia meluncurkan Medika App.

Menurut Danang Firdaus, Founder sekaligus CEO PT Medika Cipta Digital, untuk menggunakan Medika App sangatlah sederhana. Setelah mengunduh aplikasinya lewat android atau iPhone, pengguna cukup tap fitur Search Doctor.

Medika App Danan Firdaus, Founder dan CEO PT Medika Cipta Digital (paling kanan), dengan timnya

Melalui fitur ini, pengguna bisa dengan mudah menemukan dokter yang diinginkan berdasarkan nama, kota, dan rumah sakit tempat dokter tersebut praktik. Selain itu, pengguna juga bisa memilih dokter berdasarkan keahlian dan spesialisasinya, mengetahui jadwal sang dokter, bahkan mengetahui kisaran biaya pemeriksaan.

Setelah mendapatkan dokter yang dikehendaki, pengguna bisa menggunakan fitur Booking Doctor. Dengan fitur ini pengguna bisa menentukan waktu periksa dan bertemu dokter pilihan.

"Booking tersebut harus dilakukan ketika klinik atau rumah sakit yang diinginkan sedang beroperasi. Jangan pas klinik atau rumah sakit itu tutup terus melakukan booking, nanti tidak ada yang menanggapi," kata Danang.

Setelah mendapat approve dari rumah sakit atau klinik yang dituju, pengguna yang ingin memeriksakan kesehatannya tinggal datang ke lokasi yang dituju  dengan menunjukkan bukti booking-an untuk registrasi ulang.

"Keunggulan kami, partner yang sudah anda booking bakal memberikan prioritas ketika anda datang di jam yang di-booking. Intiny,a Medika App memberi kemudahan untuk industri kesehatan sehingga semakin memberikan pelayanan yang lebih kepada masyarakat," tutur Danang.

Saat ini, Medika App telah menggandeng 40 mitra. Partner tersebut di antaranya terdiri dari rumah sakit, klinik kecantikan, hingga klinik gigi yang tersebar di Jabodetabek. "Hingga akhir tahun ini, kami menargetkan akan memiliki 100 mitra untuk bergabung dalam Medika App," tutur Danang.

Sayangnya ia enggan menyebut investasi yang dikeluarkan untuk mengembangkan aplikasi ini. Selain Jabodetabek, menurut Danang, beberapa kota yang akan menjadi pilihan pengembangan bagi Medika App, khususnya beberapa kota besar di Indonesia.

Sebagai patner, Jacky Arjuno,  General Manager Rumah Sakit Columbia Asia, menambahkan melalui kerjasama ini ia berharap mendapat value added dibanding App yang lain. Meskipun kerjasama ini dalam tarap uji coba.

"Selama uji coba belum ada fee yang harus dibayar selama 2 tahun. Andaikata ada pembayaran, kemungkinan dikenakan biaya bulan yang besarnya tidak mencapai Rp 1 juta. Dengan 3 cabang yang ada, melalui Medika App kami berharap bisa memberi kontribusi 10%," kata Jacky.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)