Cara Mutuagung Lestari Siasati Ekosistem Industri 4.0

Arifin Lambaga, Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari (tengah).

Perkembangan industri 4.0 berdampak signifikan terhadap berbagai sektor dan jenis pekerjaan. Revolusi industri 4.0 merupakan perpaduan sistem teknologi fisik, digital, dan biologis yang mengubah cara hidup manusia, yang menghasilkan kecerdasan buatan, internet of things (IoT), rekayasa genetika, big data, cloud computing, neuroteknologi, dan lain-lain. Melihat hal tersebut, Indonesia harus berupaya untuk meningkatkan kesiapannya dalam aspek Sumber Daya Manusia (SDM), dan infrastruktur, agar tidak tertinggal.

Diakui Arifin Lambaga, Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari -perusahaan jasa sertifikasi dengan brand MUTU International, di tengah tumbuhnya ekosistem industri 4.0, MUTU International menghadapi tantangan baru yang tak kecil. Hal ini harus dijawab dengan formula yang tepat. Tuntutan untuk bergerak cepat, adaptif, dan kolaboratif, menuntut penyiapan infrastruktur maupun mentalitas sumber daya manusia yang memadai.

Ia menambahkan, sikap cepat adalah perilaku senantiasa tanggap dalam mengikuti perkembangan di lingkup global, regional, maupun nasional. Selera konsumen yang terus berubah, tuntutan kualitas yang makin tinggi, kemudahan penggunaan teknologi, maupun persaingan yang kian terasa menekan, harus dijawab secara real time.

Untuk menyambut industri 4.0, PT Mutuagung Lestari meluncurkan Budget 2020 dengan visi Goes Digital untuk meningkatkan layanan dari sisi kemudahan, kecepatan, dan efisiensi. Perubahan lanskap industri jasa yang memberikan ancaman juga disikapi oleh perusahaan untuk membuka peluang-peluang baru layanan yang bisa diberikan.

Berhadapan dengan tuntutan kecepatan, sikap adaptif juga sangat diperlukan untuk mengikuti perkembangan terbaru. Adaptif adalah sikap yang berupaya terus-menerus menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan organisasi. Stabilitas yang banyak jadi cara berpikir perusahaan, sering menghalangi lahirnya sikap adaptif. Maka, MUTU International mengembangkan iklim belajar, learning organization, dan pemanfaatan data pasar yang secara regular dianalisis. Ini akan jadi cikal bakal pemanfaatan big data. Implikasi dari langkah ini adalah selarasnya langkah perusahaan dengan tuntutan pasar. 

Sebagai lembaga sertifikasi yang berdiri pada tahun 1990, Mutu International memiliki layanan yang meliputi jasa sertifikasi, inspeksi, dan pengujian. Hingga saat ini, MUTU International sudah melayani lebih dari 2000 klien meliputi sektor swasta maupun instansi pemerintah yang tersebar di seluruh Indonesia maupun klien internasional di kawasan Asia Pasifik. 

Untuk mengembangkan aktivitas bisnisnya, MUTU International memperluas cakupan pasar melalui pembukaan kantor-kantor cabang baik nasional maupun internasional yang terletak di Batam, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Semarang, Surabaya, Pangkalan Bun, Samarinda, Makassar.

"Tidak hanya dalam negeri, kami juga buka layanan di Jepang, China, Malaysia, dan Vietnam," kata Arifin di sela-sela Kick Off Budget 2020.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)