Cara Nobu Bank Dorong Digitalisasi dan Perkembangan Produk Lokal

Taman QRIS yang dibangun di awal tahun 2020 merupakan apresiasi Nobu Bank kepada masyarakat Desa Giriroto, Jawa Tengah (Foto: ist)

Menandai dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) meresmikan Taman QRIS di Desa Digital Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Peresmian Taman QRIS pada 11 November 2021 sekaligus menandai dukungan Nobu Bank terhadap program promo “Sebelas-Sebelas”, berupa cashback 11% yang diperuntukkan khusus bagi pengguna mobile banking Nouneo untuk setiap transaksi yang menggunakan QRIS, di merchant manapun di seluruh Indonesia.

Nobu Bank juga menyerahkan bantuan Kredit UMKM berbunga ringan kepada pelaku usaha kecil di Giriroto, serta bantuan untuk pembangunan fasilitas warga yang diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Giriroto.

Mario Satrio, Corporate Secretary Nobu Bank menyampaikan bahwa Taman QRIS yang dibangun di awal tahun 2020 merupakan apresiasi Nobu Bank kepada masyarakat Desa Giriroto, yang begitu terbuka terhadap perkembangan era digital. Sejak tahun 2018, Nobu Bank telah memperkenalkan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) bernama Nobu88, sekaligus memperkenalkan uang elektronik untuk transaksi non tunai sehari-hari. Selepas itu, Nobu Bank mulai memperkenalkan QRIS (QR Code Indonesian Standard) kepada masyarakat Giriroto, di mana kehadirannya diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat.

Adanya perubahan perilaku transaksi dari tunai menjadi non tunai, meskipun awalnya sulit, namun masyarakat Desa Giriroto memiliki kemauan dan kemampuan untuk beradaptasi serta memanfaatkan berbagai peluang di era digital untuk meningkatkan kesejahteraanya. Taman QRIS diharapkan dapat menginsipirasi dan mendorong desa-desa lain untuk melakukan hal yang sama, yaitu mampu menjadikan tantangan sebagai peluang di era digital guna mendukung aktivitas usaha ataupun bisnis agar tetap bisa bertahan dan bertumbuh.

Eko Yunianto, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Solo menyambut baik langkah-langkah Nobu Bank selama ini, khususnya terkait pengembangan Laku Pandai. Dia berharap aktivitas ini dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Senada dengan Kepala OJK Solo, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo menjelaskan, langkah ini menjadi bagian dari digitalisasi transaksi keuangan, sebagaimana yang didorong oleh Bank Indonesia. Lebih jauh diharapkan agar Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Giriroto tidak hanya memasarkan produknya secara offline, namun juga bisa merambah pasar online agar semakin berkembang.

Terkait Gernas BBI, Nugroho juga mengapresiasi program promo ‘Sebelas-Sebelas’ Nobu Bank dan mendorong masyarakat tidak hanya  bangga, tapi juga berbelanja produk  buatan Indonesia, agar produk-produk lokal dapat diapresiasi di negeri sendiri.

Mewakili manajemen, Komisaris Independen Nobu Bank Dewi Pandamsari menyampaikan apresiasinya OJK dan BNI atas dukungan yang diberikan selama ini terhadap Nobu Bank, yang tengah melakukan transformasi digital secara bertahap untuk dapat menyediakan produk dan layanan berbasis digital bagi masyarakat luas.

“Bagi Nobu Bank,  teknologi perbankan digital harus mampu memberi kontribusi yang nyata bagi masyarakat secara inklusif. Layanan perbankan digital diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mampu tumbuh dan berkembang, memperluas pangsa pasarnya, dan bahkan menemukan peluang usaha baru dari perkembangan ekosistem digital,” jelas Dewi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)