Cara OBH Combi Membidik Konsumen Muda

VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar, Weitarsa Hendarto.

OBH Combi adalah salah satu produk unggulan PT Combiphar yang telah dikenal masyarakat Indonesia puluhan tahun. OBH Combi menjadi merek obat batuk terpercaya yang sudah hadir sejak 46 tahun yang lalu sebagai merek asli Indonesia.

Dalam perjalanannya, OBH Combi tentu melalui berbagai tahapan sebelum menjadi brand besar seperti saat ini. Menurut VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar, Weitarsa Hendarto, layaknya brand baru di awal perjalanannya, Combiphar membangun brand awareness dan distribusi agar dikenal oleh masyarakat Indonesia. “Seiring berjalannya waktu strategi disesuaikan untuk membangun asosiasi brand dengan kategori dan brand ekuitas. Hal ini dilakukan agar merek semakin dipercaya dan menjadi pilihan utama,” tambahnya.

Fokus utamanya selama 5 tahun terakhir adalah membangun dan mengembangkan basis konsumen OBH Combi terutama di kalangan konsumen yang lebih muda. Hal ini dilakukan dengan membuat relevansi merek bagi target konsumen dan memperkuat  ekuitas merek,  khususnya untuk keampuhan, keterjangkauan, dan heritage brand yang sudah lama dipercaya.

“Untuk membuat brand ini tetap relevan dan mempunyai koneksi yang kuat dengan kalangan muda, kami melakukan peremajaan merek (brand rejuvenation) di tahun 2013, tanpa meninggalkan akarnya sebagai brand yang ampuh dan memiliki heritage,” ungkap Weitarsa.

Bersamaan dengan tersebut, Combiphar juga meluncurkan kampanye "Kalahkan Batuk, Terus Melaju" yang sukses untuk membangun atribut untuk yang menjadi decision kalangan muda dalam pembelian obat batuk. Untuk membuat pelanggan puas, loyal, dan menjadi advocacy, OBH Combi juga menjaga kualitas produk dan kepercayaan konsumen. Bagi Combiphar, konsumen adalah nomor satu dan mereka harus terpuaskan ketika berinteraksi dan mengalami produknya. Combiphar rutin memoitornya melalui parameter brand health dibandingkan dengan kompetitor.

Menurut Weitarsa, OBH Combi adalah satu brand yang memiliki awareness 100% dan memiiki tingkat kepuasan, loyalitas dan basis konsumen yang tinggi di Indonesia. Prestasi ini akan terus diperkuat dan dipertahankan oleh Combiphar. Kekuatan brand dan kepercayaan konsumen merupakan modal yang sangat baik yang dimanfaatkan perusahaan di kemudian hari. “Selama lima tahun terakhir OBH Combi mengalami percepatan pertumbuhan dan bertumbuh secara konsisten di atas pertumbuhan rata-rata kategori, baik pada nilai sales dan parameter brand health meningkat pesat,” ujarnya.

Menjadi salah satu produk unggulan Combiphar, OBH Combi sebagai brand akan terus dibangun. Untuk semakin memperkuat, Weitarsa mengungkapkan bahwa investasi terhadap brand akan terus dilakukan melalui kampanye dan komunikasi yang relevan melalui multi touchpoint yang mengena. Menjaga kualitas dan keterjangkauan produk juga akan membantu untuk produk ini terus berkembang.

 

Reportase: Sri Niken Handayani

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)