Cara The Body Shop Apresiasi Pelanggan Setia

Penyerahaan penghargaan The Body Shop Indonesia pada pelanggan-pelanggan setianya di Hotel Ayana Mid Plaza Jakarta (09/08/2019)

The Body Shop telah 27 tahun hadir di Indonesia. Sebagai natural and ethical beauty brand, merek ini memiliki pelanggan-pelanggan setia yang bukan saja mendukung dengan membeli produk, tapi juga mendukung kampanye yang disuarakan setiap tahun. Perseroan mengapresiasi pelanggan setia yang tergabung Love Your Body (LYB) membership dengan memberikan berbagai penghargaan.

Aryo Widiwardhono, CEO The Body Shop Indonesia, mengatakan, hingga Agustus ini ada sekitar 1.032 juta pelanggan yang menjadi LYB member, jumlah yang sangat besar untuk kategori ritel industri kecantikan. “Anita Roddick menghadirkan The Body Shop bukan sekadar produk kecantikan, tapi memiliki misi kampanye lingkungan, sosial, hak asasi manusia, women empowerment serta kampanye terkait toleransi. Semua kampanye itu bisa terwujud berkat dukungan Love Your Body member setia kami,” katanya.

Aryo mengungkapkan, sekitar 87% yang digalang The Body Shop dalam setiap program donasi dikontribusi dari LYB member, yang kemudian disalurkan oleh rekanan NGO. Bahkan kampanye lingkungan yang mendorong pelanggan mengembalikan botol kemasan The Body Shop, dalam setahun 20-21% dikembalikan para member setia dalam kondisi kosong. Menurutnya itu merupakan jumlah yang sangat besar dukungan pelanggan setia pada kampanye peduli lingkungan hidup.

“Awalnya kami memberi nama membership ini TBS People, kami memulainya pada 1998, tapi pada 2011 namanya berubah menjadi Love Your Body Club. Dan kemudian pada 2012, The Body Shop aplikasi mobile yang memungkinkan dengan mudah LYB member dengan mudah mengecek poin, melihat special offer dan redemption catalogue,” jelas Maulidia Hafmaya, GM Customer Relations Manager The Body Shop Indonesia.

Penghargaan yang diberikan pada pelanggan setia yang
diberikan The Body Shop tergolong unik antaranya penghargaan bagi pelanggan
termuda, paling sering berkunjung ke toko, pembelian terbanyak di toko,
pembelian terbanyak melalui online, pelangan paling dermawan (dengan donasi terbanyak),
yang paling banyak menukar poin (redemption point), pelanggan yang
paling banyak mengembalikan botol kosong The Body Shop atau yang mendukung kampanye
Bring Back Our Bottle. Mereka bukan saja mendapatkan voucher belanja, juga ada
yang mendapatkan Samsung S10+, IPad, TV, hingga jalan-jalan ke Vietnam.

The Body Shop hadir di Indonesia sejak 1992 di bawah PT Monica Hijau Lestari dengan hanya 8 orang karyawan. Toko pertama The Body Shop dibuka di PIM 1 Jakarta. Kini setelah 27 tahun, sudah ada 145 toko yang tersebar di 53 kota di Indonesia, dengan 1.200 orang karyawan.

Dengan total 1.032.171 member aktif LYB, sekitar 93% anggota adalah perempuan, hanya 7% laki-laki. Dan sekitar 53% pelanggan The Body Shop berada di usia 20-34 tahun. “Menariknya dari 7 juta item The Body Shop yang terjual 4 juta botol dikembalikan ke toko sebagai bukti kepedulian tinggi pelanggan setia kami pada lingkungan. Dan 87% dari pelanggan kami memberikan donasi,” tandas Aryo.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)