Marketing Trends

Cara Timezone Membangun Guest Experience

CEO Timezone Indonesia
Naveen H, CEO dan Presiden Direktur Timezone Indonesia. (dok.Swa)

Timezone Indonesia terpilih menjadi jawara untuk kategori Arena Bermain Indoor dalam ajang Indonesia Customer Service Quality Award 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Business Digest. Sebuah ajang penghargaan bagi merek-merek yang berhasil melakukan praktik pelayanan pelanggan dengan kualitas yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggannya.

Naveen H, CEO dan Presiden Direktur Timezone Indonesia mengatakan bahwa guest experience merupakan fokus utama perusahaan dalam mencapai visi untuk menyebarkan kebahagiaan dan menciptakan momen tidak terlupakan bagi pengunjung.

“Sama seperti seorang komedian yang harus membuat orang tertawa, kami punya tugas berat karena kami harus membuat pengunjung merasa senang ketika bermain di venue kami,” ujarnya dalam puncak acara penghargaan Indonesia Customer Service Quality Award 2023, Rabu (31/05/2023).

Naveen menjelaskan, perkembangan digital dan perubahan gaya hidup masyarakat untuk datang ke mal menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pihaknya. Pasalnya, saat ini tujuan orang berkunjung ke mal tidak hanya untuk belanja berbagai kebutuhan, tetapi juga mencari pengalaman dan sesuatu yang baru.

“Jika 10-20 tahun lalu orang datang ke mal hanya untuk berbelanja. Kini, mereka menghabiskan sebagian waktunya di dalam mal, baik untuk mencari hiburan, makan, menonton. Ini menjadi tantangan bagi kami bagaimana membangun brand trust kepada pengunjung sehingga mereka mau bermain di venue kami,” kata Naveen.

Berbagai inisiatif untuk menciptakan guest experience dilakukan Timezone, di antaranya mengubah konsep venue dengan tampilan yang lebih terang dan mengatur intensitas kebisingan sehingga memberikan rasa nyaman kepada pengunjung Timezone. Peremajaan juga dilakukan kepada toko souvenir dengan menawarkan tampilan baru, di mana pengunjung bisa memilih souvenir yang diinginkan layaknya berada di sebuah minimarket.

Meski sedang tidak berada di area venue, perusahaan berusaha untuk terus terhubung dengan pengunjung secara online melalui Timezone Fun Apps. Lewat aplikasi tersebut, pihaknya dapat memberikan penawaran terbaik berupa bonus atau promo menarik. Perusahaan juga fokus untuk memberikan pelayanan dan jawaban atas semua keluhan pengunjung maksimal 1×24 jam melalui channel media sosial seperti IG, FB, TikTok, Twitter, YouTube, GMB.

Di atas semua itu, bagi Timezone konten adalah segalanya (content is king). Menurut Naveen, pihaknya selalu membawa game dan mesin game terbaru di semua venue Timezone. Misalnya, mesin Virtual Reality terbaru yang tidak dimiliki oleh Family Entertainment Centre Lain.

Di 2023 ini, perusahaan akan terus melakukan perkembangan dan pembukaan venue baru untuk semakin mendekatkan lokasi-lokasi Timezone dengan tempat tinggal pelanggan. Saat ini Timezone telah memiliki lebih dari 330 venue yang tersebar di tujuh negara, di antaranya Indonesia, India, Vietnam, Filipina, Singapura, Australia, dan New Zealand. “Timezone berusaha untuk terus meningkatkan level servis sehingga kami dapat memberikan pelayanan terbaik, dan membuat pelanggan menjadi pelanggan setia sehingga kembali lagi ke venue kami,” tutur Naveen.

Hal itu bisa tercapai apabila diiringi dengan kualitas dari sumber daya manusia yang mumpuni. Karenanya, program rekrutmen dan pelatihan yang berkelanjutan dinilai Naveen sangat penting, agar pegawai tetap bisa mengikuti perkembangan zaman termasuk melayani generasi Zillenial.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved