Management Trends

Cara Trisula Group Dorong Penciptaan Inovasi Baru

Cara Trisula Group Dorong Penciptaan Inovasi Baru

Trisula Group menggelar kompetisi WOW Innovation Award 2021. Ajang tersebut ditujukan untuk mendorong keberlanjutan perusahaan lewat penciptaan inovasi. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan kinerja perseroan. Acara yang rutin diadakan tiap tahun ini digelar secara hybrid.

Santoso Widjojo, Direktur Utama PT Trisula International Tbk (TRIS) mengatakan, merupakan komitmen perusahaan untuk menambah nilai bisnis perusahaan. “WOW Innvation Award adalah ajang kompetisi yang terbuka untuk seluruh karyawan Trisula Group yang bertujuan menciptakan inovasi yang dapat memberikan perubahan berdampak positif yang selaras dengan strategi perusahaan,” kata dia.

Pada WOW Innovation Award 2021 di tahun kedua ini, Trisula Textile Industries Tbk (BELL) berhasil meraih tiga penghargaan inovasi terbaik yang dipilih dari sembilan tim finalis. Pemenang pertama, penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di subsidiary BELL (agen penjual tekstil) sebagai persiapan BELL dalam memasuki era teknologi 4.0.

Kedua, meningkatkan efektivitas pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) melalui inovasi proses untuk menciptakan efisiensi biaya. ketiga ialah penerapan metode baru dalam pencelupan kain (dyeing process) agar dapat meningkatkan produktivitas, serta penghematan biaya. “Kami antusias dengan ajang WOW Innovation Award 2021 sehingga dapat terus menggali potensi dan membantu terus eksis di industri tekstil,” ujar R Nurwulan Kusumawati, Sekretaris Perusahaan BELL memaparkan.

Penghargaan yang didapatkan, kata Wulan, menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh BELL dapat membantu dalam penerapan teknologi 4.0, maupun efiseinsi dalam produksi. “Ke depan, kami akan mencari peluang dan berinovasi untuk membuat produk-produk berkualitas diiringi dengan proses yang terus berkembang semakin baik,” ujarnya.

RIS dan BELL berusaha meningkatkan kinerja dan berinovasi dengan berbagai strategi. Misalnya, BELL berinovasi dengan membuat beragam produk, seperti kain stretch, kain sehat, dan jaket sehat. Selain itu, menghadapi era industri 4.0 Trisula Group juga berinovasi dengan membuat website e-commerce Yukshopping.com untuk menjual produk- produk secara terintegrasi.

Upaya-upaya ini dapat dilihat dari kinerja kedua perseroan, BELL meraih pertumbuhan penjualan online sebesar 38,4% YoY (belum diaudit). Di sisi lain, TRIS juga telah menyusun berbagai rencana dan strategi yang akan dijalankan pada tahun 2022 ini untuk dapat meningkatkan kinerja. “TRIS dan BELL akan mencari peluang untuk mengembangkan inovasi keberlanjutan yang sudah dijalani Trisula Group selama puluhan tahun ,” ujar Santoso menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved