Trends zkumparan

Cara Winmarket Lahirkan UMKM Baru

Perkembangan teknologi banyak melahirkan entreprenuer-entreprenuer baru di Indonesia, khususnya para pelaku ecommerce yang menyediakan berbagai kebutuhan hidup yang dikatagorikan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Kehadiran UMKM memberikan kontribusi terhadap ekonomi Indonesia saat ini mencapai 58% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Saat ini jumlah UMKM di Indonesia yang merambah bisnis digital sekitar 4,6 juta unit. Tahun 2019, diharapkan target 8 juta UMKM yang masuk bisnis digital pada 2019.

Sebagai digital marketplace, WinMarket memprogramkan 1 juta UMKM untuk berperan aktif mencetak pelaku usaha baru, sehingga diharapkan akan mampu mendorong munculnya UMKM dalam ranah digital.

Menurut Bagus Cahyono, General Manager WinMarket, dari 1 juta lapangan kerja yang digagas Winmarket, semua orang terlahir memiliki modal yang cukup memulai bisnisnya. Hampir 80 % masyarakat adalah orang yang tidak pernah bisnis. “Begitu ada bisnis e-comerce dapat menyerap lapangan kerja, dan mengurangi tingkat pengangguran,” kata Bagus.

Diakui Bagus, WinMarket memfasilitasi supplier, dropshipper dan konsumen dengan fitur dan benefit yang unik. Dengan menjadi member WinMarket, merchant bisa menerima pembayaran melalui berbagai channel pembayaran, yang paling baru bahkan bisa menerima pembayaran secara tunai melalui Alfamart.

WinMarket memiliki ratusan ribu produk yang siap untuk dijualkan. Dibandingkan dengan platform lain, dropshipper WinMarket tidak perlu repot dengan masalah modal, stock barang, packing dan pengiriman.

Danar Mardlotillah, Manajer WinMarket, menambahkan, Dropshipper hanya bertugas memasarkan produk, memanfaatkan jaringan pertemanan di sosmed, Dropshipper hanya tinggal menyalin dan menyebarkan link dropship yang disediakan Winmarket, semuanya akan diproses secara otomatis tanpa perlu komunikasi dengan supplier.

Saat ini WinMarket sudah tersebar di Sumatra utara, Jawa Barat,DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Balikpapan, dan Palu. Agar semua UMKM dan supplier di Indonesia memiliki toko online dengan brandnya sendiri, terdapat tim yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

“Rencananya semua Provinsi akan Ada perwakilan yang siap membina UMKM. Aplikasi pada smartphone akan segera diluncurkan untuk memudahkan merchant mengelola barang, toko dan juga order,” kata Bagus.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved