Cerita Dibalik Upaya PLN 1,5 Tahun Lahirkan Aplikasi dan Layanan Internet

Wakil Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (persero) atau PLN Darmawan Prasodjo bercerita soal upaya perubahan yang dilakukan perusahaan selama 1,5 tahun terakhir. Upaya tersebut kemudian melahirkan berbagai produk seperti aplikasi New PLN Mobile dan layanan internet Iconnet.

Satu setengah tahun lalu, Darmo, sapaan Darmawan, bicara dengan Yuddy Setyo Wicaksono, Direktur Utama PT Indonesia Comnets Plus (Icon+). Menurut Darmo, banyak aset PLN yang belum terkelola dengan baik.

"Data pelanggan besar, tapi tak terkelola dengan baik," kata Darmo dalam acara peluncuran Program Promo Bundling Electrinet Lifestyle di Jakarta, Kamis, 1 Juli 2021.

Sehingga, PLN pun mulai berbenah untuk memperbaiki pengelolaan aset ini. Salah satunya dengan meluncurkan aplikasi New PLN Mobile pada 24 Desember 2020. Dengan super app ini, kata Darmo, PLN mulai bisa mengkapitalisasi aset mereka.

Lalu pandemi Covid-19 datang dan membuat orang bekerja dan belajar dari rumah. Sehingga, layanan fixed broadband, kata Darmo, menjadi gaya hidup baru. Untuk itulah, PLN akhirnya masuk ke bisnis Internet.

Pada 31 Mei 2021, PLN meluncurkan produk Iconnet, yaitu jasa layanan internet cepat berbasis serat optik. Ekspansi bisnis PLN tersebut dilakukan melalui Icon+.

Lalu hari ini, program bundling diluncurkan PLN. Lewat program ini, PLN menggabungkan promo bagi pelanggan internet dan listrik sekaligus.

Bagi Darmo, produk-produk ini adalah tonggak baru bagi PLN untuk maju ke level bisnis berikutnya. "Kekuatan besar itu ada di diri kita (PLN) sendiri," kata Darmo.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)