CGPI: Ini Pentingnya Perkuat Platform Bisnis

Ajang Indonesia Most Trusted Companies telah diselenggarakan sejak 2001 lalu.

The Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) dan Majalah SWA kembali menggelar pemilihan perusahaan-perusahaan dengan tata kelola terbaik dalam ajang Indonesia Most Trusted Companies 2019. Tahun ini ada 31 perusahaan yang berhasil mengikuti proses briefing Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2018 dan akan dimulai proses evaluasi berkas CGPI seperti yang telah dijadwalkan.

CGPI kali ini mengambil tema “Penguatan Platform Bisnis dalam Kerangka Good Corporate Governance (GCG)". Gendut Suprayitno, Chairman IICG, di hadapan para peserta yang hadir menyampaikan, platform bisnis merupakan model bisnis yang berfokus untuk memberikan fasilitas interaksi dan transaksi penciptaan nilai diantara para partisipan baik dalam jangka waktu yang pendek maupun kolaborasi jangka panjang.

"Bukan infrastruktur teknologi saja tapi disebut economy sharing, transaksinya diletakkan untuk menciptakan nilai dan terlibat lebih dari dua pihak yang melakukan kerja dalam satu sistem," ujarnya di main hall Bursa Efek Indonesia, (05/07/2019).

Ia mencontohkan, Pelindo memiliki platform pelabuhan di mana pelabuhan itu dimanfaatkan oleh berbagai pihak seperti perusahaan pelayaran, urusan bongkar muat, agen kapal, dan bea cukai. Menurutnya, konsep platform bisnis ini bisa dimulai dari visi dan strategi yang kemudian diintegrasikan dengan business capabilities, component blocks, integration and governance, dan infrastruktur. "Jadi IT itu sebagai infrastruktur," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Gendut, penguatan platform bisnis dalam kerangka GCG dimaknakan sebagai adanya dinamika persaingan bisnis yang semakin ketat dan tantangan peningkatan kapasitas yang berlangsung saat ini sehingga menuntut perusahaan untuk memiliki strategi, inisiatif, kebijakan, serta program yang sesuai dengan ekosistem dan platform bisnis yang dimasuki.

"Perusahaan yang telah memiliki platform bisnis sesuai dengan ekosistem, model bisnis, dan teknologi perlu diperkuat melalui peningkatan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas sehingga memberikan dampak pada peningkatan kesehatan dan keunggulan perusahaan," tutur Gendut.

Gendut juga menyampaikan, ke depan inisiatif penguatan platform bisnis ini dapat menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan guna mewujudkan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan sesuai dengan prinsip governansi.

Sebagai informasi, hasil CGPI 2018 akan diumumkan November 2019 pada acara Penganugerahan Indonesia Most Trusted Companies Award dengan kategori hasil penilaian 85-100 Sangat Terpercaya, skor 70,00 - 84,99 Terpercaya, dan skor 55,00 - 69,99 Cukup Terpercaya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)