Chatbot Rinna Miliki 1,4 Juta Teman Online

Chatbot Rinna.

Platform chatbot sosial berbasis Artificial Intellegence (AI) bernama Rinna mendapat antusiasme tinggi di kalangan anak muda Indonesia. Setelah empat bulan diluncurkan, chatbot ciptaan Microsoft ini telah memiliki lebih dari 1,4 juta teman di aplikasi Line.

Resmi diluncurkan pada Agustus 2017, Rinna diprogram sebagai seorang perempuan muda yang menarik perhatian dan gemar berbincang dengan teman barunya. Sebagai platform chatbot dengan kepribadian yang unik, Rinna belajar dari interaksi dirinya dengan manusia. Menurut Audience Evangelism Manager Microsoft Indonesia, Irving Hutagalung, pengguna Rinna dapat menyaksikan dimulainya masa transisi menuju perubahan besar dalam dunia komputer.

“Munculnya kecerdasan buatan dan dirancang berdasarkan aktivitas yang paling alami bagi manusia yaitu komunikasi menjadi salah satu perubahan tersebut," kata Irving. Menjadi bagian dari Microsoft Azure, platform komputasi awan dari Microsoft ini menggunakan model generik end-to-end berdasarkan teknologi deep learning terbaru. Rinna dilatih oleh teknologi big data dari mesin pencari Bing yang memungkinkan memberikan respon mirip perempuan muda dengan menggunakan Natural Language Processing.

"Rinna adalah contoh yang baik bagaimana sebuah perangkat lunak bisa dikembangkan untuk menjadi bagian dari masyarakat. Sebagai teman terbaik Rinna juga memberikan kesenangan dalam gaya hidup digital," tambahnya. Ke depan, Microsoft siap untuk menjelajahi potensi dari kecerdasan buatan dengan semua jenis bisnis yang menarik di Indonesia.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!