Chatime Tea-rista Competition Perkuat Keterampilan Meracik Minuman Kekinian

Chatime Tea-rista Competition Perkuat Keterampilan Meracik Minuman Kekinian

Chatime Tea-rista
Dua tim Tea-rista Champion yang terpilih akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global di Taiwan.

Seperti halnya barista di dunia kopi, para tea-rista memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman teh yang tak terlupakan bagi para pelanggan. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai jenis teh, teknik penyeduhan yang tepat, hingga keterampilan menciptakan sajian teh yang kreatif dan unik.

Untuk mengapresiasi keahlian dan dedikasi para tea-rista, Chatime Indonesia kembali menghadirkan gelaran Chatime Indonesia Tea-rista Competition di NLW Hall, Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan, (21/07/2023).

Tidak hanya menjadi ajang unjuk keterampilan meracik minuman dan pengetahuan seputar brewed tea antar tea-rista, gelaran bertemakan Cup of creativiTea ini sekaligus menjadi upaya pengembangan kemampuan karyawan dari Chatime Indonesia.

Devin Widya Krisnadi, CEO F&B ID, induk perusahaan yang menaungi brand Chatime Indonesia menyampaikan, selain berfokus pada kepuasan pelanggan, pihaknya terus memperhatikan pengembangan karyawan sebagai salah satu pilar bisnis F&B ID, khususnya kemampuan para tea-rista.

"Kami percaya bahwa setiap tea-rista kami mempunyai potensinya masing-masing. Lewat ajang ini, kami memberikan mereka kebebasan untuk berinovasi menciptakan minuman yang unik dan berbeda," ujarnya pada media.

Chatime Indonesia Tea-rista Competition 2023 telah menyeleksi lebih dari 400 tea-rista terpilih dari seluruh gerai Chatime di Indonesia sejak Maret lalu. Gelaran Grand Final pada tanggal 21 Juli menyisakan tiga tim yang terdiri dari enam tea-rista asal Jakarta, Medan, dan Makassar. Dua tim Tea-rista Champion yang terpilih akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global di Taiwan pada bulan Oktober mendatang.

"Mereka yang mengikuti kompetisi ini adalah tea-rista unggul dan tentunya atas rekomendasi Area Manager. Jadi sudah ada seleksinya dulu darisana. Kemudian setiap regional bersaing hingga terpilih enam tim yang melaju ke semi final di Jakarta. Dari semi final, kami pilih tiga tim untuk melaju ke final," jelas Devin.

Dalam final yang berlangsung selama dua sesi tersebut, ketiga tim bersaing menampilkan keterampilan dan kompetensi dalam menyajikan minuman dengan cara dan kreativitas terbaik. Pada sesi pertama, para tea-rista menyajikan minuman berdasarkan tema yang telah diundi, yaitu Gen Z, Tropical, Energetic, dan Healthy. Sementara pada sesi kedua, para tea-rista ditantang untuk berkreasi dengan menggunakan bahan utama Cimory Yogurt.

Mereka juga ditantang untuk mempresentasikan ide kreasinya, bahan yang digunakan, rasa yang disajikan, hingga proses pembuatannya. Di tahap akhir, pengetahuan para tea-rista diuji lewat tanya jawab dengan dewan juri seputar dunia teh dan Chatime. Menariknya, para tea-rista harus berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris selama kompetisi berlangsung.

"Kami buat kompetisinya seperti yang ada di Taiwan. Selain dari sisi kreativitas minuman, korelasi dengan topiknya, presentation skill, rasa dan tampilan minuman, bisa mengikuti SOP ketika membuat minumannya, mereka juga harus bisa menjawab dengan bahasa Inggris. Karena saingannya nanti adalah negara-negara yang native speaker english seperti Inggris dan Kanada," ucap Devin.

Baca juga: Kolaborasi Chatime dan Milo Warnai Industri F&B

Gelaran ini pun akhirnya menetapkan dua tim Tea-rista Champion, yaitu Ariobimo Alfiano dan Tasya Sheva Prafasiwi dari gerai Chatime Jakarta sebagai juara pertama serta Yusri dan Kartika Dwi Arum dari gerai Chatime Makassar sebagai juara kedua.

Pada bulan Oktober mendatang, kedua tim terpilih akan mewakili Chatime Indonesia untuk bersaing secara global bersama tea-rista Chatime Taiwan, Filipina, Malaysia, Inggris, Australia, dan Kanada di Hillton Taipei Sinban, Taiwan. Sebagai apresiasi, Chatime juga memberikan hadiah uang tunai senilai total Rp27 juta.

Devin mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan dan persiapan terbaik bagi kedua tim untuk menghadapi kompetisi di Taiwan, khususnya dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Para tea-rista juga akan berkolaborasi dengan tim R&D Chatime dalam merancang menu khusus yang akan disajikan dalam kompetisi. Sementara, tim operasional akan membantu dari sisi SOP.

Devin percaya bahwa dengan strategi yang tepat dan persiapan yang matang, kedua tim akan memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan dalam kompetisi tea-rista global di Taiwan.

"Sebuah prestasi membanggakan bahwa para tea-rista Chatime Indonesia meraih juara kedua saat bersaing secara global pada tahun 2022 lalu. Kami harap tahun ini kedua tim akan kembali mengharumkan nama Indonesia. Apalagi Indonesia ini negara yang toko Chatime-nya paling banyak, masa sih dengan tim kita yang paling banyak ini tidak ada yang menjadi juara," harap Devin.

Juara Pertama Chatime Indonesia Tea-rista Competition 2023, Bimo dan Tasya pun mengaku bahwa dukungan dan kerja keras perusahaan untuk melatih keterampilan telah membuat mereka menjadi peserta yang tangguh dan siap menghadapi persaingan di panggung global.

"Strateginya, kami akan mencoba membawa culture Indonesia saat bertanding di Taiwan, memperbanyak referensi untuk membuat kreasi minuman, dan belajar terkait cara berkomunikasinya. Tidak lupa, penting untuk menjalin teamwork, jadi bisa lebih bonding lagi dan mempererat chemistry satu sama lain," ujar mereka bertekad.

Adapun acara tahun ini didukung oleh rekanan bisnis Chatime Indonesia antara lain Cimory Yogurt dari PT Cisarua Mountain Dairy, susu Oatside dari PT Float Oat Indonesia, Tanamera Coffee dari PT Tanamera Mitra Sentosa, PT Intikemas Putra Makmur, PT Catur Pilar Sejahtera, PT Sweetindo Perkasa, PT Wingoh Albindo, PT Bioplast Unggul, PT Kurnia Mitra Duta Sentosa, dan PT Taska Indonesia Hijau.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)