Management Trends zkumparan

China – ASEAN Jalin Kemitraan Melalui Budaya

Dalam kerangka ASEAN-China Relationship, Centre For ASEAN Public Relations Studies (CAPRS) sebagai Pusat Studi ASEAN di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi LSPR-Jakarta, menyambut undangan Ambassador China Mission to ASEAN, H.E. Xuang Xilian.

Acara ini juga merupakan China Mission – LSPR Youth Cultural Gathering sebagai salah satu perwujudan dari pilar masyarakat sosial budaya ASEAN. Kegiatan ini mengutamakan bentuk kerja sama yang berorientasi dan berpusat pada masyarakat dengan tujuan memperkuat integrasi ASEAN, sekaligus memperkokoh kesadaran, kesetiakawanan, kemitraan, dan juga rasa kebersamaan terhadap ASEAN. Mahasiswa LSPR berkesempatan menampilkan budaya Indonesia melalui lagu tradisional daerah-daerah di penjuru Nusantara. Penampilan tersebut dinyanyikan langsung di hadapan para diplomat China Mission to ASEAN, sebagai sarana promosi keberagaman budaya Indonesia.

Dalam sambutannya, H.E. Xuang Xilian menyampaikan bahwa generasi muda merupakan matahari yang cerah dan dinamis bagi negaranya. Generasi muda di masa depan akan menjadi pemimpin yang memperkuat hubungan ASEAN dan China. “Pada tahun 2018, pemerintah China telah meluncurkan ‘Tahun Inovasi ASEAN-China’ yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama di bidang-bidang seperti inovasi teknologi dan ekonomi digital,” ujarnya.

ASEAN-China sepakat untuk terus memperbarui berbagai kegiatan dalam ‘Tahun Inovasi ASEAN-China’ ini, mencakup pernyataan bersama tentang sains, teknologi, dan inovasi. Pada tahun 2018 juga merupakan peringatan HUT ke-15 Kemitraan Strategis ASEAN-China. Sejak China menjadi mitra strategis ASEAN, dapat dikatakan bahwa China merupakan mitra dagang terbesar ASEAN selama sembilan tahun berturut-turut. Tercatat, pada 2017 nilai total perdagangan China – ASEAN telah mencapai US$514,82 miliar.

Sementara itu, total perdagangan China ke Indonesia bernilai Rp63,3 miliar. Dari hal ini manfaat yang dirasakan Indonesia sebagai salah satu negara anggota ASEAN adalah meningkatnya jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Indonesia dan banyaknya mahasiwa Indonesia yang belajar ke China. Kemitraan strategis China dan ASEAN ini akan dilanjutkan oleh para generasi muda dalam meningkatkan konektivitas ASEAN, mempersempit kesenjangan pembangunan, dan mendorong kerja sama pembangunan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved