China Homelife Indonesia Pamerkan 12.000 Produk Impor

Sebagai negara yang menjadi mitra strategis perdagangan, China memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya produk asal China yang beredar di Tanah Air, mulai dari gadget, peralatan elektronik bahkan hingga peralatan rumah tangga.

Masyarakat Indonesia menggemari produk China selain karena faktor harga yang lebih ekonomis, tampilan dan kemasannya pun sesuai dengan selera. Soal inovasi, produk China cepat beradaptasi dengan tren dan solutif.

Meskipun produk lokal terus menunjukkan daya saingnya, tingginya kebutuhan masyarakat akan produk China tak dapat dielakkan. Hal itu kemudian berdampak pada jumlah impor produk China ke Indonesia yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021, China menjadi negara importir produk non migas yang utama di tanah air dengan jumlah fantastis. Jumlahnya pun fantastis. Indonesia  tercatat melakukan impor senilai US$ 4,44 miliar atau setara dengan Rp 63,04 triliun dengan porsi 30,89% dari total impor non migas. Komoditas terbesarnya adalah mesin peralatan, mekanis dan bahkan mesin peralatan elektrik.

Sementara menurut data resmi dari China, hubungan perdagangan bilateral Indonesia-China tumbuh hingga 58,6% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar US$124,4 triliun. Ekspor China meningkat 48,1% ke US$60,7 triliun dan impor mencapai 70,1% di angka US$63,8 triliun.

Tak dapat dipungkiri, produk China telah mendapatkan hati di masyarakat Indonesia sehingga menciptakan pasar tersendiri. Besarnya potensi dan peluang bisnis yang bisa diciptakan dari perdagangan produk China mendorong Meorient yang berbasis di Shanghai untuk menggelar China Homelife Indonesia berkolaborasi dengan PT Amara Pameran Internasional untuk mengoptimalkan potensi ekonomi tersebut.

China Homelife Indonesia digelar pada 31 Agustus – 2 September 2022 di Jakarta Convention Center  Senayan, Jakarta di area seluas 14.000 m2.  Acara ini menjadi pelaksanaan kedua pada tahun 2022 setelah edisi pertama digelar pada bulan Maret lalu.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)