Cicilan Tanpa Bunga, EmpatKali Targetkan Gandeng 1.000 Brand

Meluncur pada Juli 2019, EmpatKali menyasar pasar fintech point-of-sales (POS) dengan mengusung keunggulan pinjaman tanpa bunga selamanya. Sesuai namanya, EmpatKali memberikan model cicilan sebanyak 4 kali.

Jamie Camidge, CEO & Co-founder EmpatKali, menjelaskan, setelah pembayaran pertama dilakukan melalui mobile apps atau secara langsung di toko mitra, tiga cicilan selanjutnya akan terjadwal secara otomatis pada 14, 28, dan 42 hari kemudian, yang dapat dilunasi menggunakan akun virtual pada aplikasi EmpatKali.

“Hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera di toko, tidak mengenakan bunga sedikitpun untuk transaksi apapun. Kami berkomitmen untuk membantu para pelanggan dalam mengambil keputusan berbelanja yang sesuai dengan kemampuan finansial, serta mencegah akumulasi beban utang yang dapat menyebabkan kesulitan keuangan dan emosional,” ujar Jamie pada saat konferensi pers perkenalan EmpatKali di Jakarta.

Dari sisi merchant, sebagai fintech yang menggarap segmen konsumtif, EmpatKali bermitra dengan berbagai brand fesyen dan gaya hidup Indonesia. Sampai saat ini sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 brand lokal pada platformnya dan berencana untuk menggaet 1.000 brand pada akhir 2020.

“Kami hanya bermitra dengan merek lokal. Jumlah users sekarang sudah ribuan lebih, ratusan mitra merek lokal. Targetnya ada seribu merek pada akhir 2020. Kami ingin POS menjadi pilihan konsumen yang utama saat berbelanja,” tuturnya.

Kepada para mitra, setiap pembelian akan dibayarkan dalam waktu 48 jam. EmpatKali bertanggung jawab secara menyeluruh terkait biaya, kerumitan verifikasi pelanggan dan pengumpulan pembayaran, pengelolaan risiko kredit dan penipuan yang ditanggung oleh EmpatKali, serta pembayaran penuh untuk setiap pembelian yang akan dibayarkan secara cepat dari setiap pembelian.

Jamie mengungkapkan aliran pendapatan berasal dari fee yang dibayarkan oleh merchant. Adapun yang menjadi peminjam (lender) EmpatKali berasal dari institusi yakni holding perusahaan di Singapura.

EmpatKali memberikan beberapa syarat bagi calon peminjam yaitu setidaknya berusia 21 tahun ke atas, memiliki pekerjaan penuh waktu dengan penghasilan minimal Rp 5 juta per bulan, serta memiliki KTP dan NPWP juga kartu yang mermiliki 3D Secured.

Wellborn, sebagai salah satu merek mitra, berpendapat, sebagai brand yang sedang berkembang, EmpatKali memberikan solusi yang sangat relevan akan masalah yang dihadapi oleh para pelanggannya, terutama anak muda. “Skema cicilan empat kali yang ditawarkan memberikan alternatif yang lebih fleksibel kepada para pelanggan dan mereka lebih memilih untuk membeli dari kami secara langsung,” ujar Gagi Aria, Brand Marketing Manager Wellborn.

Editor : EvaMartha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)