Citi Gandeng Mercy Corps Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital Pengusaha Perempuan 

Peluncuran program SEED 4 Women oleh Menkop/UKM Teten Masduki (tengah), CEO Citi Indonesia Batara Sianturi (kanan), dan Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis (kiri)

Banyak hal yang menghambat perempuan dalam mencapai inklusi keuangan dan akses ke layanan keuangan, diantaranya budaya dan kelembagaan, tingkat melek huruf dan pendidikan yang rendah, peraturan perundang-undang dan praktik yang masih diskriminatif, dan kendala waktu. Kurangnya inklusi dan akses ini menghambat partisipasi para perempuan dalam perekonomian, menghalangi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, kesejahteraan keluarga serta komunitas.

Inklusi keuangan sangat penting tidak hanya bagi individu, tetapi juga bagi sebuah usaha untuk berkembang. Penggunaan layanan keuangan digital (yang ditawarkan oleh lembaga keuangan formal) kepada perempuan pengusaha kecil juga masih sangat rendah. 

Mercy Corps Indonesia akan laksanakan program Seed 4 Women dengan dukungan Citi Foundation yang   menyasar pengusaha perempuan untuk dapat mengakses layanan keuangan berbasis digital. Program SEED 4 Women direncanakan akan menjangkau 750 penerima manfaat yang ditargetkan, yaitu perempuan pengusaha kecil. 

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, menjelaskan, inklusi dan akses keuangan bagi pelaku usaha perempuan harus mendapat perhatian secara khusus. "Kami tidak ingin UMKM hanya sekadar memenuhi kebutuhan rumah tangga atau hanya sebagai bumper ekonomi nasional. Pemerintah saat ini ingin menjadikan UMKM khususnya yang dipimpin oleh perempuan naik kelas. Dengan program ini, nantinya diharapkan masalah akses pembiayaan, masalah pemasaran, hingga pengembangan SDM UMKM dapat kita kolaborasikan bersama,” ujar Teten.

Ade Soekadis, Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, mengatakan, setelah berhasil melaksanakan berbagai program kewirausahaan yang bersinggungan langsung dengan UMKM, Mercy Corps Indonesia dan Citi Indonesia melihat bahwa pelatihan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh UMKM, terlebih dalam hal literasi keuangan untuk para pengusaha perempuan. 

"Tujuannya tidak hanya membekali bisnis milik perempuan ini dengan keterampilan dan pengetahuan untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk dapat berkembang di era serba digital seperti saat ini," ujar Ade seraya menambahkan Mercy Corps Indonesia berupaya untuk terus mendorong UMKM, khususnya UMKM yang dipimpin oleh perempuan agar lebih memahami tentang literasi keuangan serta dapat menjangkau akses inklusi keuangan.

Pada kesempatan yang sama, Batara Sianturi,  CEO Citi Indonesia mengungkapkan  bangga dapat bermitra dengan Mercy Corps Indonesia melalui program SEED4Women karena program ini dapat membantu para pengusaha perempuan dalam memanfaatkan akses layanan keuangan berbasis teknologi digital untuk memajukan usahanya. "Hal ini juga sejalan dengan komitmen Citi untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat di mana kami beroperasi, serta berperan aktif dalam upaya kesetaraan jender.”

Di kesempatan sebelumnya, Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia sudah menjalin kerja sama dalam agenda Global Community Day yang bertajuk “Webinar Series Festival for Women-led Small Entrepreneurs”. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 10 Juni 2022 tersebut diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) serentak di 4 kota besar, yakni Malang, Bandung, Surabaya, dan Solo.

Sementara, pada tanggal 13, 15, 17 Juni 2022, Webinar Series Festival for Women-led Small Entrepreneurs dilaksanakan secara online melalui Zoom dan diikuti oleh peserta dari berbagai kota, diantaranya Kota dan Kabupaten Malang, Denpasar, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Batam, Binjai, Kupang dan Semarang.

Dari kerja sama yang dilakukan antara Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia, diharapkan dapat ikut serta berperan aktif dalam memajukan UMKM Indonesia khususnya usaha yang dipimpin oleh perempuan melalui peningkatan akses ke layanan keuangan digital dan pendampingan digital.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)