Citilink Tunda Penerapan Bagasi Berbayar

Pesawat Citilink A320. (dok. Citilink Indonesia)

Citilink Indonesia menunda kebijakan pemberlakuan bagasi berbayar hingga waktu yang belum ditentukan yang semula akan diterapkan pada tanggal 8 Februari 2019 dengan merujuk kepada koordinasi dengan Kementerian Perhubungan.  

"Citilink mengapresiasi arahan dari Kementerian Perhubungan RI dan akan menunda pemberlakuan kebijakan bagasi berbayar," kata VP Corporate Secretary Citilink Indonesia Resty Kusandarina, di Jakarta, (5/2/2019).

Pemberlakuan pengenaan biaya bagasi ini akan menunggu hasil evaluasi atau kajian lebih lanjut dari Kementerian Perhubungan, untuk kemudian disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat.

Namun, sosialisasi mengenai rencana pengenaaan biaya bagasi berbayar masih terus dilakukan sebagai langkah edukasi kepada masyarakat atas kebijakan yang didasari oleh PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Seperti yang sudah diketahui, penerapan tarif bagasi berbayar akan dikenakan pada maskapai pesawat bertarif rendah atau low cost carrier (LCC). Diharapkan dengan penundaan penerapan kebijakan ini dapat memberikan waktu sosialisasi kepada masyarakat. Kebijakan ini dinilai masyarakat terlalu memberatkan sehingga Kementerian Perhubungan masih mengkaji aturan yang berisi formula pentarifan bagasi pesawat yang akan selesai tiga hingga empat minggu ke depan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)