Cloud Computing Indonesia Conference 2021 Edukasi Industri 4.0 & Teknologi Pendukungnya

Menurut penelitian yang dilakukan lembaga riset McKinsey, pandemi COVID-19 telah mengakselerasi transformasi digital pada berbagai sektor kehidupan, termasuk korporasi dan pemerintahan, dengan sangat cepat. Adopsi layanan digital mengalami akselerasi, yang awalnya diperkirakan perlu beberapa tahun ke depan, terjadi hanya dalam beberapa bulan, yang didorong oleh perubahan mendasar yang terjadi pada konsumen.

Dalam hal transformasi digital, layanan Cloud Computing memiliki peran kunci dan menjadi  katalisator dalam implementasinya. Model bisnis layanan Cloud Computing mendukung  organisasi untuk melakukan adopsi yang lebih cepat dan menawarkan pengalaman baru  kepada para pelanggannya. Hal ini menjadi starategi kunci untuk bisa terus bersaing di era pandemi seperti sekarang ini.

Pandemi ini juga merupakan momentum yang tepat untuk mengakselerasi program Making  Indonesia 4.0 yang telah dicetuskan oleh Presiden Jokowi pada 4 April 2018. Oleh karena itu  Cloud Computing Indonesia dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menyelenggarakan acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 pada 15 – 26 Maret  2021. Acara ini diharapkan menjadi sarana kolaboratif dalam peningkatan pengetahuan dan  implementasi teknologi dalam industri 4.0 pada sektor manufaktur, finansial, kesehatan,  pemerintahan, dan pendidikan. Semua kegiatan dalam rangkaian kegiatan Cloud Computing  Indonesia Conference 2021 bisa diikuti secara gratis dan terbuka untuk umum dengan  terlebih dahulu mendaftar di website event cloudcomputing.

Adapun tujuan dari pelaksanaan acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 adalah  meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai industri 4.0 dan teknologi pendukungnya,  meningkatkan adopsi teknologi untuk mendukung proses transformasi digital dan juga  transformasi layanan digital pada organisasi, serta mempromosikan manfaat layanan Cloud  Computing dalam membantu proses transformasi digital dan transformasi era industri 4.0.

Alex Budiyanto, Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia mendukung penuh  kegiatan tersebut. Alex menyampaikan bahwa ACCI telah bekerja sama dengan  Kementerian Peridustrian sejak 2018 untuk mempromosikan Cloud Computing sebagai backbone dari Industri 4.0. “Kami sejak 2018 bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk terus mempromosikan manfaat Cloud Computing sebagai backbone di era industri 4.0,  karena teknologi pendukung dari industri 4.0 ada di atas layanan Cloud Computing atau  berhubungan erat dengan layanan Cloud Computing. Kami sangat mendukung kegiatan  positif seperti ini untuk bisa terus memasyarakatkan layanan Cloud Computing di berbagai  sektor”, ujarnya.

Acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 didukung oleh berbagai institusi  seperti Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Mastel, Asosiasi IoT Indonesia,  Huawei, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, VMware Indonesia,  Acer, Asosiasi Fintech Syariah Indonesia, Alibaba Cloud, Thales, Dymar, NetApp, CBN Cloud,  CBN Fiber, Pro Sehat, Acara Seru dan CyberHub.

Adapun agenda dari kegiatan Cloud Computing Indonesia Conference 2021 antara lain: webinar Inovasi Teknologi Untuk Peningkatan Layanan Finansial di Era Pandemi, Bagaimana Industri Finansial Bertahan dan Berkembang di Era Pandemi?, Membangun dan Meningkatkan Layanan Kesehatan Digital di Era Pandemi, Meningkatkan Layanan SPBE Sebagai Tulang Punggung Layanan Digital Masyarakat di Era Pandemi, Bagaimana Menyiapkan SDM Untuk Bersaing di Era Industri 4.0. Kemudian, rangkaian acara Cloud Computing Indonesia Conference 2021 akan dilanjutkan dengan workshop teknis yang akan dimulai Senin, 22 Maret 2021 sampai dengan Jum’at, 26 Maret 2021.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)