Coldplay Konser di Jakarta, Sandiaga: 90% Hotel di Lingkar GBK Terbooking | SWA.co.id

Coldplay Konser di Jakarta, Sandiaga: 90% Hotel di Lingkar GBK Terbooking

Grup band musik asal Inggris Coldplay berencana menggelar konser musik di Jakarta pada 15 November mendatang, tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Meski konser baru akan digelar November nanti, hotel di sekitar GBK sudah penuh di-booking untuk tanggal tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dengan mengutip data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (15/05/2023). Menurut Sandiaga, pihaknya mendukung adanya konser karena dapat menumbuhkan ekonomi di sektor MICE (meeting, incentive, conference, exhibition).

“Penyelenggaraan konser diharapkan tidak hanya berdampak pada terhadap peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja tapi juga promosi pariwisata Indonesia. Lebih khusus Jakarta sebagai destinasi MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) di Asia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Ia mengatakan, Kemenparekraf siap mendukung konser Coldplay dan akan terus berkoordinasi dengan pihak penyelenggara untuk memastikan perencanaan konser dapat berjalan dengan baik. Kemenparekraf juga akan memastikan perizinan konser, alur penonton, dan manajemen risiko direncanakan dengan matang.  

"Hanya empat kota di Asia yang dipilih oleh Coldplay salah satunya Jakarta. Ini merupakan suatu prestasi mari kita jalin dan pastikan koordinasi yang baik sehingga acara ini akan berlangsung dengan spektakuler dan berdampak terhadap ekonomi masyarakat dan peningkatan tentunya kesejahteraan baik pelaku UMKM maupun standar penyelenggaraan konser yang terbaik," kata Sandiaga. 

Kemenparekraf sendiri memiliki standar baku untuk penyelenggaraan kegiatan event yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Panitia penyelenggara senantiasa harus menerapkan CHSE pertunjukan yang mengedepankan aspek kenyamanan, keamanan, dan keberlanjutan. 

"Ini akan kita pastikan dan saya mengimbau para penonton untuk mengikuti arahan dari panitia penyelenggaraan secara tertib. Panitia juga harus berhati-hati karena akan pasti banyak yang coba-coba untuk melakukan shortcut dalam mendapatkan tiket dengan tidak sesuai prosedur dan ini nanti banyak yang berpotensi tiketnya tidak valid," ujar Sandiaga. 

Konser ini diharapkan dapat berdampak terhadap ekonomi dengan peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sektor UMKM diharapkan dapat merasakan dampak berganda dari penyelenggaraan konser ini seperti penjual merchandise, dan pelaku event yang terlibat dalam perhelatan konser. "Saya dapat mengabarkan reservasi hotel di area sekitar GBK sudah di atas 90% dan untuk di luar lingkaran sudah 40 sampai 50% di tanggal tersebut," kata Sandiaga.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id  

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)