Corporate University ala Trakindo

Tak bisa dimungkiri, menurunnya bisnis pertambangan selama tiga tahun terakhir berdampak besar terhadap industri terkait, yaitu alat berat yang digeluti PT Trakindo Utama. Sebagai distributor alat berat Caterpillar, pendapatan Trakindo pun ikut tergerus. Namun, bisnisnyamasih bisa bertahan berkat kekuatan human capital, terutama apa yang disebut dengan “service man” yang kini menjadi tulang punggung perusahaan.

Corporate University Trakindo Iwan Pramono, Supervisor Pelatihan Trakindo (kiri) dan Tim

Hasilnya, penguasaan pasar Trakindo menguat di 2015 menjadi 22% dan diharapkan akan menjadi 24% di tahun ini. “Mengapa kami bisa bertahan di saat yang sulit ini? Karena, jualan kami berubah menjadi penjualan service dan product support. Di training center Trakindo, kami juga men-training perusahaan lain,” ujar Iwan Pramono, Supervisor Pelatihan Trakindo.

Bagaimana resep Trakindo sehingga bisa mencetak SDM, terutama service man, yang menjadi penopang bisnis perusahaan? Rahasianya ada di corporate university Trakindo yang didirikan pada 2013. Corporate university Trakindo dirancang layaknya universitas pada umumnya, yakni terdapat jurusan-jurusan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis di Trakindo.

Ada tujuh jurusan yang terdapat di Trakindo, yaitu service and operation, sales, marketing, supply chain, finance, human capital and admin, serta innovation. Pada setiap jurusan ini pun terdapat tiga level, yaitu basic, intermediate dan advanced. Seluruh karyawan akan mendapat tiga materi sebelum masuk di berbagai jurusan di atas. Ketiga materi tersebut adalah core value, business focus and consumer focus, serta leadership traits.

Kami punya satu framework strategy yang mirip bangunan. Apa pun learning project yang kami desain selalu mengacu pada core value, business focus and consumer focus, dan leadership traits sehingga setiap karyawan pasti akan kami ajari tiga hal tersebut,” ungkap Ira D. Kamal, Manajer Learning and Talent Development Trakindo. Saat ini, total karyawan Trakindo mencapai 6.500 orang.

Untuk bisa membuat corporate university, tentunya Trakindo harus memiliki fasilitas yang memadai terlebih dahulu. Sejak 1996, Trakindo telah memiliki memiliki pusat pelatihan di Cileungsi, Bogor. Pada 2017, pusat pelatihan ini mendapat bintang 5 untuk Caterpillar Learning Capability Assessment Tools (LCAT). Hal ini menjadikan Trakindo sebagai satu-satunya distributor Caterpilar di dunia yang mendapat bintang 5 LCAT. Di 2013, Trakindo mendapat penghargaan CAT Service Training Excellence Accreditation Award dan Best Team Presentation CAT Condition Monitoring Boot Camp di Thailand.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)