CT Corp Akan Gandeng Accor Hotels Bangun 30 Hotel Baru

 

Kiprah CT Corp di bisnis hospitality ke depan nampaknya akan semakin besar. Setelah sukses mengembangkan bisnis hotel dengan brand Trans Hotel, CT Corp juga akan menggandeng Group Accor Hotels untuk mempercepat ekspansinya. Bahkan perusahaan yang didirikan oleh konglomerat Chairul Tanjung ini sudah deal dengan Accor untuk mendirikan 30 hotel baru ke depan. "Kami senang memilih Accor untuk menambah 30 hotel dan resor baru, untuk percepatan ekspansi bisnis kami dan juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di Indonesia," ujar Chairal Tanjung, Direktur Utama CT Corp belum lama ini.

Kemitraan CT Corp dan AccorHotels sendiri sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya CT Corp sudah menggandeng Accor untuk mengelola hotel milikna, yakni Hotel Ibis Bandung Trans Studio, sebuah hotel kelas ekonomi dengan 568 kamar, terletak di komplek terintegrasi Trans Studio Bandung. Nah, dengan kesepakatan  baru ini, kedua belah pihak berkomitmen untuk kembali membuka kompleks hotel dan lifestyle terpadu yang serupa, salah satunya yang segera dibuka di Cibubur. Kolaborasi ini tentu bisa menambah kekuatan CT Corp untuk mendapatkan pelanggan baru dari Accor Group yang dikenal punya jaringan distribusi internasional yang kuat serta platform digital untuk manajemen loyalitas yang sudah mapan.

Accor Group, di lain sisi, juga gembira dengan kerjasama ini karena CT Corp bukan sembarang mitra bisnis. Selain punya track record sukses di berbagai bidang bisnis, juga punya jaringan bisnis media yang  kuat, baik melalui Trans TV, Trans7 maupun detik.com. Belum lagi juga didukung jaringan perusahaan travel besar, AntaVaya. Jelas hal-hal tersebut menjadi advantage tersendiri untuk memuluskan penetrasi pasar di bisnis perhotelan yang kian riuh.

"Kami sangat senang bisa bermitra dengan CT Corp untuk menambah 6000 kamar di seluruh Indonesia. CT Corp dikenal superior sebagai pebisnis di bidang properti lifestyle & entertainment complex dan punya reputasi bagus sehingga menjadi salah satu poin sukses untuk berkolaborasi," ungkap Garth Simmons, Chief Operating Officer, AccorHotels untuk Indonesia, Malaysia dan Singapura. Jelas, bagi Accor, perjanjian kemitraan dengan CT Corp akan menjadi tonggak sejarah baru guna mempercepat ekspansi AccorHotel yang sedang menargetkan untuk mengelola 200 hotel di Indonesia dalam tiga tahun kedepan.

Selama ini Accor menjadi salah satu pemain jaringan hotel asing paling mapan di Indonesia yang melakukan penetrasi pasar dengan strategi multi brand dan multi segmen. Perusahaan asal Perancs ini punya portofolio merek hotel yang lengkap dari kelas mewah (Raffles, Sofitel Legend, Fairmont, SO Sofitel, Sofitel, onefinestay, MGallery by Sofitel, Pullman, Swissotel dan 25Hours Hotels), kelas menengah (Novotel, Mercure, Mama Shelter dan Adagio) hingga kelas ekonomi (JO&JOE, ibis, ibis Styles, ibis budget), serta punya regional brand (Grand Mercure, The Sebel, dan hotelF1).

Bagi Group CT kemitraan dengan Accor ini sebagai salah satu bukti bahwa perusahaan itu memang serius berbisnis hotel. Chairal juga mengatakan, dalam ekspansinya, pihaknya tak akan melupakan ekspansi ke Indonesia Timur. "Tentu kami akan menggarap Indonesia Timur. Bahkan kami sudah punya di Makasar. Sekarang pun sedang menegosiasi dengan 2-3 partner lokal disana untuk kerjasama membangun komplek baru. Jadi kita nggak hanya terpaku mengembangkan hotel di Jawa," ungkap Chairal ketika ditanya penulis.

Chairal Tanjung meyakini, peluang bisnis pariwistaa di Indonesia sangat besar dan masyarakat butuh pilihan hotel-hotel serta opsi hiburan di lokasi-lokasi wisata strategis, baik untuk keluarga maupun pebisnis. Sebab itu Chairal percaya diri bersinergi dengan Accor yang disebutnya sebagai jaringan hotel asing paling baik sesuai pengalamannya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)