Technology Trends

CX Jadi Kekuatan Pelaku Bisnis Bangkit di Masa Pandemi

CX Jadi Kekuatan Pelaku Bisnis Bangkit di Masa Pandemi

Telkom menyelenggarakan Customer Experience (CX) Summit 2021 untuk keempat kalinya dengan mengusung tema “Revive and Thrive Your Business by Transforming Customer Experience”. Diharapkan kegiatan ini bisa membangun kembali perekonomian bisnis yang sempat melambat karena sejak pandemi melanda dunia. Kata kunci dalam CX Summit 2021 adalah transformasi customer experience dan strategi yang tepat akan membantu bisnis beradaptasi akibat perubahan bisnis akibat pandemi.

Dalam acara yang digagas Telkom dan Indonesia Customer Experience Professional (ICXP) diharapkan aspek-aspek strategis yang mengedepankan peningkatan kualitas pengalaman pelanggan atau Customer Experience (CX). Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan CX menjadi strategi diferensiasi yang penting dilakukan oleh semua bisnis agar dapat bertahan dalam kompetisi di era Experience Economy ini.

“Customer experience telah menjadi salah satu prioritas TelkomGroup sejak beberapa tahun terakhir. Untuk itu, Telkom masih terus berupaya menghadirkan CX yang semakin baik dari waktu ke waktu,” ujar Ririek.

CX Summit 2021 diadakan secara virtual pada 6-9 Desember 2021 4.300 pengunjung. Selain konferensi, juga ada pameran virtual yang diharapkan memberi pencerahan dalam transformasi perusahaan terutama UMKM, industri kreatif dan pariwisata menuju customer-centric. Terlebih ada Jeremy Utley, Director Executive Education Stanford School yang hadir secara live dari Silicon Valley, Amerika Serikat.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan acara ini akan dapat meningkatkan partisipasi pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan pencerahan, ide-ide baru dalam menghadapi isu-isu CX dengan berorientasi pada menghadirkan pengalaman pelanggan yang terbaik.

“Pelaku UMKM memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemajuan dan pemulihan ekonomi nasional. Di tengah disrupsi karena pandemi dan disrupsi digital gelombang kedua, transformasi digital menjadi sangat penting bagi UMKM. Ekonomi digital Indonesia tumbuh sangat signifikan. Pada 2020, nilai ekonomi digital tercatat mencapai Rp640 triliun. Angka ini diproyeksi meningkat 8 kali lipat menjadi Rp4.351 triliun di 2030,” paparnya Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM.

Menurutnya saat ini ada 16,4 juta UMKM telah terhubung ke dalam platform digital. Angka ini menunjukkan pertumbuhan lebih dari 100 persen sejak awal pandemi. Oleh karena itu, pendampingan berkelanjutan, insentif bagi pelaku usaha, dan infrastruktur menjadi elemen kunci yang sangat dibutuhkan UMKM RI untuk bertransformasi digital.

Selain online conference, kehadiran Virtual Exhibition dengan konsep 3D dan 360 degree view yang dibuka pada 6-10 Desember 2021 turut meramaikan CX Summit 2021 dengan beragam showcase inovasi dan teknologi yang dapat menunjang keberlangsungan bisnis secara digital dan meningkatkan kualitas dari strategi customer experience. Di sana, partisipan dapat bereksplorasi dalam menggali informasi dan kapabilitas dari kemajuan digital dan teknologi yang disediakan oleh para exhibitor.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved