Daewoo Securities : Tax Amnesty Jauh Lebih Baik Dibandingkan Fed's QE

Kepala Riset  PT Daewoo Securities, Taye Shim, mengatakan, pengampunan pajak atau tax amnesty yang diambil pemerintah Indonesia adalah skema yang jauh lebih baik dibandingkan skema quantitative easing (QE) yang dikeluarkan The Fed, dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi riil. Menurut Taye, tax amnesty memiliki beberapa kelebihan, di antaranya, menarik dana – dana yang terparkir di luar negeri untuk kembali masuk ke Indonesia. Kedua, jika dibandingkan dengan kebijakan QE yang dikeluarkan The Fed untuk tujuan yang sama, maka menurut Taye, pengampunan pajak memberikan dampak positif secara langsung kepada pasar modal Indonesia.

Jpeg

Meski demikian, Taye mengakui, pengampunan pajak yang sudah pernak diupayakan pemerintah Indonesia pada beberapa waktu lalu kurang berhasil. “Tetapi kali ini ada yang berbeda yakni kebijakan pertukaran informasi secara otomatis (AEOI) antar negara, sehingga membuat kami optimis kebijakan ini akan memberikan dampak yang cukup baik bagi ekonomi,” ungkap Taye.

Optimisme lainnya, keputusan Presiden Joko Widodo untuk menempatkan Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet kerjanya. “Kita semua tahu rekam jejak beliau, sehingga diharapkan target pengampunan pajak akan tercapai dibawa kendali beliau,” ujar Taye. Tak heran, sentimen IHSG positif saat Jokowi mengumumkan bergabungnya Sri Mulyani dalam kabinet pada akhir Juli 2016.

Ada empat industri yang akan direkomendasikan oleh pihaknya bagi para investor atau pemburu saham. Pertama, industri consumers good, saham yang direkomendasikan adalah Unilever (ranking satu), Kalbe Farma (ranking dua), dan Ultra Jaya Milk (ranking tiga). Meningkatnya indeks keyakinan konsumen dan inflasi yang cukup rendah menciptakan momentum yang baik untuk pertumbuhan volume consumers.

Kedua, industri infrastruktur (utilities), saham yang direkomendasikan adalah Telkom (ranking satu ), Jasa Marga (ranking dua) dan Blue Bird (ranking tiga). Seiring dengan penetasi telepon pintar yang terus tumbuh, Daewoo juga berekspektasi adanya pertumbuhan data yang menguat.

Ketiga, aneka industri, saham yang direkomendasikan adalah Astra Internasional, Astra Otoparts dan Gajah Tunggal.

Keempat, industri dasar, saham yang direkomendasikan adalah Semen Indonesia, Japfa Comfeed Indonesia dan Surya Toto Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)