Danamon Sebar Jaringan Laku Pandai di 5 Kota

Peresmian Laku Pandai dan Menara Danamon (Foto: Syukron Ali/SWA) Peresmian Laku Pandai dan Menara Danamon (Foto: Syukron Ali/SWA)

Guna maratakan akses layanan perbankan ke seluruh pelosok Nusantara, Danamun ikut serta dalam program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai), yang digagas oleh OJK.

Dengan menggandeng anak perusahannya, Adira Finance yang memiliki banyak cabang di seluruh pelosok negeri, program Laku Pandai Danamon disebar ke 5 kota, yaitu Bekasi, Wonogiri, Teluk Betung, Pare-Pare dan Lubuk Pakam.

Laku Pandai sendiri merupakan sebuah inisiasi dari OJK dalam rangka penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain atau agen bank dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

“Jadi, dengan adanya agen Laku Pandai ini, nasabah dapat langsung berinteraksi fleksibel dengan agen. Tinggal ketok-ketok rumah agen, nasabah sudah bisa melakukan berbagai kebutuhan mengenai layanan perbankan dan non perbankan,” jelas Muliaman D Hadad, Ketua Dewan Komisaris OJK dalam sambutannya saat peresmian gedung baru Danamon di Kuningan, Jakarta (29/7).

Sejauh ini implementasi Laku Pandai sangat signifikan. Terhitung sekitar 1,3 juta orang telah menjadi nasabah dari Laku Pandai. Sedangkan untuk agennya sendiri sudah mencapai 150 ribu orang yang tersebar di 370 kabupaten di seluruh pelosok Nusantara.

Hanya saja, Mulaiman menilai praktek Laku Pandai masih berkutat di wilayah Indonesia bagian Barat dengan Pulau Jawa sebagai sentralnya sebanyak 61%. Indonesia bagian Timur hanya mendapatkan jatah 16% dan Sumatera 23%.

Sementara itu, Direktur Konsumer Bank Danamon, Michelina Triwardhany, menjelaskan, dengan menggandeng anak perusahaan sendiri, kontrol dan pengawasan akan jadi lebih mudah. Selain itu, Adira Finance juga sudah memiliki debitur-kreditur otomotif yang potensial berjumlah 3 juta.

Karena itu, Michelina tidak ragu untuk menetapkan target sekitar 10 ribu nasabah dari satu agen. Atau sekurang-kurangnya dapat menjaring 50 ribu nasabah Laku Pandai untuk lima agen. Adapun produk yang ditawarkan Danamon untuk Laku Pandai terdiri dari: tabungan, transfer dan setor tunia lewat SMS banking dan asuransi mikro.

Dengan hadirnya Laku Pandai ini, diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap produk perbankan. Michelina moncontohkan dari 3 juta nasabah Adira Finance, yang bertransaksi lewat perbankan baru sekitar 6%. Sisanya melakukan transaksi pembayaran lewat non tunai. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)