Danone-Aqua Kembali Raih Sertifikasi B Corp Praktik Bisnis Berkelanjutan

Produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan minuman ringan di Indonesia, Danone-Aqua berhasil memperoleh sertifikasi B Corporation (B Corp) untuk kedua kalinya dari organisasi nirlaba B Lab. Sertifikasi B Corp diberikan hanya kepada perusahaan-perusahaan dengan standar tertinggi di bidang sosial dan lingkungan yang menerapkan transparansi serta memiliki tanggung jawab dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

Danone-Aqua juga mencatat kenaikan skor secara signifikan menjadi 93.8, dari skor pada sertifikasi sebelumnya senilai 85.9. Kenaikan ini menunjukkan konsistensi perusahaan tersebut dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Pencapaian yang diperoleh Danone-Aqua ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030. Pemerintah Indonesia telah mengintegrasikan 17 tujuan besar dan 169 target dari agenda SDGs ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024. Hal ini menunjukkan bahwa agenda SDGs bukan hanya menjadi komitmen global yang dijalankan semua negara, namun menjadi panduan untuk Indonesia menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Untuk mencapai SDGs dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk sektor swasta dan masyarakat. Danone-Aqua menyadari peran penting perusahaan sebagai force for good, atau kekuatan untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan serta masyarakat di mana pun berada, yang terwujud dalam agenda SDGs.

Connie Ang, Presiden Direktur Danone-Aqua mengatakan bahwa pihaknya merupakan pelopor untuk inisiatif yang bertujuan membawa perubahan positif besar bagi lingkungan dan masyarakat dan sertifikasi B Corp ini memvalidasi komitmen tersebut. “Komitmen kuat kami juga tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh. Salah satunya untuk aspek kepercayaan dan kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa kesejahteraan karyawan senantiasa menjadi prioritas perusahaan. Kami tidak akan berhenti sampai di sini karena perjalanan kami masih panjang. Ke depan, kami akan terus memperkuat komitmen kami untuk menjalankan tata kelola perusahaan yang baik, operasional bisnis yang berkelanjutan, serta menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat untuk Indonesia,” ungkap Connie.

Danone-Aqua pertama kali meraih sertifikasi B Corp pada tahun 2018. Sertifikasi tersebut sekaligus menjadikan Danone-Aqua menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp. Status kepesertaan aktif di B Corp menjadi salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan dalam menjalankan praktik bisnis yang tidak hanya berfokus pada keuntungan perusahaan, namun juga membuktikan kepedulian akan dampak positif yang diberikan bagi lingkungan dan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).

Sertifikasi B Corp yang diperkenalkan dan dikeluarkan oleh B Lab sejak 2007 diberikan kepada perusahaan setiap tiga tahun sekali. Perusahaan yang mendapatkan sertifikasi B Corp merupakan perusahaan yang mampu membuktikan bahwa seluruh proses bisnis yang dijalankan, mulai dari rantai pasok (supply chain), sistem operasional hingga operasional bisnisnya dapat memberi dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, pelanggan, dan karyawan. Saat ini, sertifikasi B Corp telah menjangkau lebih dari 4.000 perusahaan pada 153 kategori jenis industri yang telah tersertifikasi dan tersebar di 77 negara termasuk Indonesia.

Tom Steward, Executive Director B Lab South East Asia, mengatakan, tren bisnis berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat berkembang pesat di dunia dan tengah menjadi fokus bagi banyak perusahaan. Melalui B Corp, perusahaan-perusahaan yang tergabung menjadi bagian gerakan global yang ikut proaktif terlibat dalam menyelesaikan isu-isu sosial dan lingkungan dengan menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan. “Kami mengapresiasi atas sertifikasi kedua yang didapat oleh Danone-Aqua. Hal ini menunjukkan komitmne perusahaan  untuk meneruskan praktik bisnis terbaik dan berkelanjutan yang mampu membawa kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Steward.

Menurut Steward, peningkatan nilai yang diperoleh oleh Danone-Aqua pada sertifikasi kedua ini, didukung oleh berbagai inisiatif mereka yang menyentuh karyawan, lingkungan, konsumen, dan rantai pasok, distribusi, serta mitra. Misalnya dengan mengembangkan Aqua Home Service sebagai model distribusi mikro yang telah menjangkau lebih dari 8.000 ibu rumah tangga, mengembangkan kemasan berkelanjutan dan mengembangkan ekonomi sirkular di operasional bisnis, dan memberikan manfaat ke lebih dari 360.000 penerima manfaat akses air bersih. Inisiatif lain mencakup penggunaan energi terbarukan dengan membangun instalasi solar panel, pembangunan 20 Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), serta menjaga kesejahteraan karyawan dengan memberikan cuti hamil 6 bulan bagi karyawan perempuan dan 10 hari untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan.

“Secara global, Danone memiliki ambisi untuk seluruh perusahaannya tersertifikasi B Corp pada tahun 2025. Saat ini, sudah lebih dari 50% bisnis Danone yang telah tersertifikasi B Corp. Kami berupaya untuk menjadi yang terbaik untuk dunia dan memberikan dampak positif di seluruh rantai operasional kami,” jelas Connie.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)