Dapur Bersama Gofood untuk Dukung UMKM Kuliner

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki Meninjau Dapur Bersama

Layanan Dapur Bersama GoFood untuk mengakselerasi pertumbuhan skala usaha UMKM kuliner. Dapur Bersama adalah ruang kerja yang lengkap dengan fasilitas pendukung untuk restoran dan UMKM kuliner, dan terintegrasi dengan sistem teknologi serta layanan pengantaran dari Gojek.

Sekitar 80% peserta Dapur Bersama GoFood adalah mitra skala UMKM yang secara rata-rata mengalami peningkatan transaksi sebesar 70% sejak mereka bergabung dengan Dapur Bersama GoFood.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam kunjungannya ke Dapur Bersama di Bintaro menyampaikan pihaknya menghimbau para UMKM untuk beradaptasi dengan cepat dan berinovasi supaya tetap berdaya saing tinggi, sesuai perubahan tuntutan pasar pasar.

“Saya mengapresiasi dan mendukung pengembangan model bisnis Dapur Bersama ini, sehingga lebih banyak UMKM yang dapat bertumbuh bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo menjelaskan Gojek konsisten memberikan solusi yang paling lengkap guna membantu pelaku UMKM beradaptasi di tatanan baru dan terus bertumbuh dengan memperluas pasar melalui proses digitalisasi.

“Kami berupaya agar GoFood dapat terus menjadi mitra pertumbuhan andalan UMKM kuliner dengan menghadirkan inovasi menyeluruh yang tidak hanya membantu mereka mengembangkan bisnis lewat teknologi, namun juga menangkap peluang baru sesuai perubahan perilaku konsumen dan dinamika pasar,” ungkap dia.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2019, Dapur Bersama GoFood kini beroperasi di 27 lokasi di 3 wilayah di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, dan Medan). Kapasitas saat ini telah mencapai sekitar 250 outlet usaha kuliner dan 80 persen merupakan UMKM. Dapur ini juga konsisten memberlakukan protokol keamanan dan menerapkan standar kebersihan dan kesehatan dalam mengelola makanan mengikuti Panduan BPOM.

Fasilitas Dapur Bersama GoFood memberikan berbagai manfaat bagi mitra UMKM, antara lainm mengurangi biaya sewa dan beban infrastruktur, mengurangi biaya operasional, menjaga arus kas karena tidak perlu bayar sewa di muka, dan ekspansi bisnis minim modal dan risiko.

Lokasinya ditentukan berdasarkan big data transaksi GoFood, sehingga sesuai dengan permintaan pasar. UMKM bisa melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah baru sehingga menjadi lebih dekat dengan konsumen dengan risiko dan modal yang relatif lebih rendah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Gofood GoJek

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)