Datascrip dan Wacom Gelar Kompetisi Komik

Datascrip Creative Comic Competition

PT Datascrip bersama produsen tablet grafis asal Jepang, Wacom menggelar Datascrip Creative Comic Competition yang dapat diikuti para pelajar dan mahasiswa untuk menciptakan karya komik.

Ajang yang digelar 15 September – 30 November 2017 ini mengangkat tema “Aku Cinta Indonesia” dengan berbagai genre, mulai dari komedi, drama, laga, sampai mitos/legenda.

Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) serta mahasiswa.  Peserta bisa perorangan ataupun kelompok terdiri dari 2 orang. Komik dapat dibuat secara digital maupun tradisional sebanyak 16-24 halaman boleh berwarna maupun tidak.

Menurut Country Manager Indonesia Creative Business Unit Wacom, Bayu Eko Susetio, event ini diselenggarakan sebagai bentuk edukasi pasar terhadap produk pen tablet Wacom. “Strategi pemasaran Wacom adalah seeing is believing, tidak cukup sampai di situ karena orang harus mencoba. Pendekatan promosi kami harus mengedepankan pengalaman langsung dari penggunanya. Orang tidak bisa melihat produk ini dan beli begitu saja,” ujar Bayu saat konferensi pers Datascrip Creative Comic Competition, (14/9/2017).

Bayu menambahkan produk Wacom peminatnya sangat segmented atau niche market. “Pengguna Wacom antara lain ilustrator, fotografer, desainer, dan arsitektur. Namun, persentase pengguna Wacom sebanyak 50 persen adalah pelajar sehingga melalui event ini kami menyasar pelajar di samping kami melakukan kegiatan gerilya menyasar langsung sekolah dan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Wacom diklaim sebagai market leader untuk produk pen tablet dengan pangsa pasar 80% secara global dan di Indonesia menguasai pangsa pasar 95%. Bisnis Wacom dimulai di Jepang sejak 34 tahun lalu dan masuk di Indonesia selama hampir 20 tahun.

Sementara menurut Division Manager PT Datascrip Jeremy Hermanto, mengataka, Datascrip Creative Comic Competition bertujuan menjadi wadah bagi para komikus muda untuk berkreasi. Melalui ajang berskala nasional ini Datascrip mendukung agar bakat dan karya para komikus muda tersebut dapat lebih dikenal di masyarakat, serta membuka peluang menjadi komikus profesional.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)