DCE Konsisten Akselerasi Transformasi Digital UKM di Tahun ke-3 | SWA.co.id

DCE Konsisten Akselerasi Transformasi Digital UKM di Tahun ke-3

BCG dan Telkom Indonesia pada 2022 menyatakan bahwa 77 persen UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67,5 persen diantaranya percaya membawa dampak positif. Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat, dipercaya, akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat. 

Untuk mendorong akselerasi transformasi UMKM tersebut, Telkomsel kembali menggelar Digital Creative Entrepreneurs (DCE) untuk ke tiga kalinya. Di tahun ini mengusung tema Upgrade to Accelerate yang fokus pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM sehingga bisa memaksimalkan potensi ekonomi digital Indonesia. 

“Program DCE mengambil peran sebagai SME impact accelerator guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para entrepreneur dan brand owners UKM lokal,” kata Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki Hamsat Bramono. Dia berharap program ini bisa mengakselerasi perkembangan bisnis UKM agar bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan.

Di tahun ini, dia menyebutkan, Telkomsel membawa kurikulum yang bisa mengakselerasi pertumbuhan skala usaha UKM, membuka peluang proposal kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel, menyelenggarakan kelas intensif bersama mentor dan ahli secara offline, melibatkan komunitas-komunitas pendukung UKM seperti Rumah BUMN, inkubator bisnis kampus, dan komunitas kreatif lokal, serta meningkatkan peran alumni sebagai pendamping mentor. 

Pendataran akan dibuka pada 27 Februari 2024 bagi UKM untuk empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care. “Kami juga akan melangsungkan kegiatan roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan, Surabaya, Balikpapan, dan Bandung. Selanjutnya, kegiatan on boarding akan dilakukan untuk 300 peserta, Pitching Tracks bagi 32 peserta, Academy bagi 12, dan Awarding untuk 5 peserta terbaik.

Sebagai tambahan, DEC merupakan program corporate social responsibility yang fokus membingkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia. Sejak tahun 2021, DCE telah mendukung 2.500 UKM lokal dan mencatat 350 UKM terbaik sebagai alumninya. 

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)