Denpasar Jadi Pilot Project Pelaksanaan Wave Festival of Social and Sustainable Entepreneurship

Act Global beserta panitia Wave Festival of Social and Sustainable Enterpreneurship dan Dewa Rai saat jumpa pers di Denpasar, Jumat (8/3)

Untuk pertama kalinya Kota Denpasar akan menjadi tuan rumah sekaligus pilot project pelaksanaan Wave Festival of Social and Sustainable Entepreneurship. Kegiatan ini mengedepankan bagaimana seoarang wirasuaha mampu membangkitkan kepedulian terhadap lingkungan yang digelar selama dua hari, 9 - 10 Maret 2019 di Rumah Pintar, Denpasar.

“Ini merupakan ajang untuk menggugah kaum muda Bali khususnya Denpasar untuk menjadi sosok wirausaha yang tidak hanya mementingkan keuntungan, melainkan turut andil dalam menginventarisasi permasalahan serta menciptakan solusi, utamanya masalah lingkungan dan alam,” ujar Kordinator Act Global sekaligus penyelenggara kegiatan, Aini, saat jumpa pers di Denpasar, Jumat (8/3).

Act Global adalah organisasi pemuda internasional bersifat non-profit yang berbasis di Indonesia dan Inggris. Sejak 2012, Yayasan Act Global aktif mengembangkan dan melaksanakan proyek internasional bagi anak-anak muda dan bekerja sama dengan banyak organisasi, baik dalam skala lokal maupun internasional. Kegiatan Act Global secara khusus fokus dalam tiga hal yakni perubahan iklim, pengentasan kemiskinan, dan kohesi sosial.

Wave Festival, menurut Aini, merupakan momen puncak dari proyek tentang keberlanjutan alam dan kewirausahaan sosial yang telah berlangsung selama lima bulan oleh empat relawan dari Eropa. Dalam kurun waktu tersebut, keempat relawan berkeliling Bali untuk mencari organisasi kreatif yang memiliki visi kuat dan perhatian khusus terhadap lingkungan di sekitar mereka. 

“Para
relawan sama sekali tidak kecewa, Bali khususnya Denpasar adalah kota yang
penuh dengan gagasan, Act Global berhasil menemukan orang-orang yang
menginspirasi dan ide  yang inovatif, didorong oleh keinginan besar untuk
keuntungan alam dan masyarakat sekitar,” ujar Aini.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan  Pemkot Denpasar sangat mendukung pelaksanaan Wave Festival Of Social and Sustainable Enterpreneurship ini. Hal ini sejalan dengan visi dan misi pembangunan Kota Denpasar yang sangat konsen dalam mendukung perkembangan wirausaha yang peduli terhadap lingkungan. “Semoga kedepan dapat terus berlanjut dan menjadi wahana untuk menggugah generasi muda yang peduli terhadap lingkungan dan alam,” tutur Dewa Rai.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)