Deretan 100 Perusahaan Top Indonesia 2018

(kiri) Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi

Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,2% pada tahun 2018. Angka pertumbuhan ini menunjukkan adanya peluang dan tantangan bagi pelaku bisnis di Indonesia.

Apalagi, saat ini tekanan ekonomi dunia semakin menguat dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China serta adanya rencana kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) bulan Juni ini merespon kebijakan bank sentra Amerika Serikat atau The Federal Reverse (The Fed) yang menaikkan suku bunganya.

Meskipun keadaan ekonomi Indonesia cenderung mendapat tantangan dan tekanan, sudah menjadi tugas setiap perusahaan untuk dapat mempertahankan keberlangsungannya masing-masing, terutama dalam menghadapi ketidakpastian perekonomian global. Menjadi perusahaan yang bekelanjutan (sustainable) merupakan tujuan setiap perusahaan, namun untuk mewujudkannya diperlukan berbagai upaya, komitmen, kerja keras, dan strategi yang besar baik secara eksternal maupun internal.

Salah satu strategi yang terbukti mampu membantu berbagai perusahaan untuk dapat bertahan adalah dengan melakukan inovasi. Inovasi yang tepat baik dalam proses produksi maupun dalam produk akhir mampu membantu kinerja perusahaan sehingga dapat bersaing dan tetap bertahan mengikuti perkembangan zaman. Inovasi bisnis membantu perusahaan unruk meningkatkan kualitas, menciptakan pasar baru, memperluas jangkauan produk, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan proses produksi.

“Warta Ekonomi telah melakukan berbagai riset terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang dilihat dari berbagai sisi, baik dari segi kinerja keuangan, inovasi perusahaan, publikasi media melalui media monitoring dan survei kepada stakeholder perusahaan. Penilaian inilah yang menjadi dasar untuk memilih We Top 100 Enterprise 2018,” ujar Muhammad Ihsan, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi dalam siaran persnya hari ini (2/7/2018).

Dalam menentukan daftar perusahaan ini, Warta Ekonomi Research & Consulting melakukan serangkaian riset, yaitu melalui desk research, media monitoring, dan consumer survey selama tahun 2017. Parameter penilaian yang dilakukan adalah: (1) Kinerja Perusahaan; (2) Inovasi perusahaan; (3) Publikasi media; (4) Customer Choice.

Berikut ini daftar beberapa perusahaan We Top 100 Enterprises 2018, antara lain:

Best in Advertising, Printing, and Media Industry
1. PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)
2. PT Media Nusantara Citra Tbk
3. PT Surya Citra Media Tbk

Best in Automotive Industry
1. PT Toyota Astra Motor
2. PT Astra Honda Motor (AHM)
3. PT Astra International Tbk
4. PT Honda Prospect Motor (HPM)
5. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Best in Computer Services and Other Devices Industry
1. PT Anabatic Technologies Tbk
2. PT Astra Graphia Information Technology
3. PT Metrodata Electronics Tbk
4. PT Multipolar Technology Tbk

Best in Consumer Goods Industry
1. PT Garudafood Putra Putri Jaya
2. PT Nestlé Indonesia
3. PT Indofood Sukses Makmur Tbk
4. PT Ultrajaya Milk Industry Tbk
5. PT Unilever Indonesia Tbk

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!