Deretan Ekspansi Digital AirAsia: Taksi Online hingga Pesan Antar Makanan

AirAsia Ride(twitter.com/@airasia)
AirAsia Ride(twitter.com/@airasia)

Maskapai penerbangan AirAsia Group terus melakukan ekspansi bisnis di bidang digital sepanjang Agustus 2021 ini. Mulai dari mengakuisisi layanan pemesanan online, pengembangan AirAsia Food, hingga peluncuran layanan taksi online di Malaysia.

Berikut beberapa dari ekspansi digital yang dilakukan AirAsia sepanjang bulan ini:

1. Akuisisi Delivereat
Pada 18 Agustus 2021, unit bisnis logistik milik AirAsia, Teleport, mengakuisisi platform pemesanan makanan secara online di Malaysia, yaitu Delovereat. Nilai akuisisi mencapai US$ 9,8 juta, sebagian tunai sebagian lainnya porsi saham di Teleport.

CEO AirAsia Group Tony Fernandes menyebut akuisisi ini dilakukan dalam waktu yang tepat karena perusahaan baru saja meluncurkan AirAsia Food di Penang, Malaysia, pada April 2021. "Dengan bergabungnya Delivereat, kami bisa menyediakan layanan yang lebih cepat dan terjangkau," kata dia dikutip dari situs resmi perusahaan.

2. AirAsia Grocer
Pada 23 Agustus 2021, AirAsia memperkenalkan nama baru dari layanan pemesanan groceries secara online milik mereka yaitu AirAsia Grocer. Semula namanya AirAsia Fresh dan sudah diluncurkan di Singapura pada Juli 2021.

Head of e-commerce AirAsia Super App Lim Ben-jie menyebut pembaruan ini bagian dari tujuan AirAsia Grocer menuju layanan one-stop solution. "Merchant-base kami di Singapura sudah tumbuh 45 persen sejak diluncurkan," kata dia.

3. Taksi Online
Pada 24 Agustus 2021, AirAsia meluncurkan layanan taksi online di Malaysia, bersaing dengan pemain seperti Gojek dan Grab yang sudah ada di sana.

Menurut Tony, DNA AirAsia yang selama ini menawarkan model bisnis berbiaya rendah atau low cost juga akan diterapkan dalam layanan taksi online ini.

"Model ini akan menawarkan tarif yang rendah kepada pelanggan," kata dia. Peluncuran ini pun, kata Tony, adalah bagian dari transformasi digital untuk persiapan ke regional lain seperti Thailand dan Indonesia.

4. AirAsia Food
Terakhir, AirAsia terus mengembangkan layanan pesan antar makanan secara online milik mereka, AirAsia Food. 25 Agustus 2021, mereka membuka layanan di dua kota baru di Malaysia yaitu Johor Baru dan Melaka.

Johor Baru dan Melaka pun menjadi kota ketujuh dan kedelapan yang dimasuki oleh AirAsia Food. "Destinasi ke delapan adalah Ipoh (Malaysia)," kata Lim Ben-jie.

Dalam layanan ini, AirAsia menawarkan komisi yang rendah bagi para mitra pedagang yang bergabung. Sehingga, mereka dapat laporan 88 persen pesanan makanan di mitra mereka sudah naik 88 persen.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)