Deretan Jawara IndoHCF Innovation Awards II-2018

Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, Ketua IndoHCF

Setelah sukses menggelar event perdana di tahun 2017, IndoHCF Innovation Awards II-2018 kembali digelar dengan menghasilkan sejumlah pemenang baik dari institusi, pemerintah daerah, dan individu dengan inovasi yang unggul dan unik di masing-masing kategori.

Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, Ketua IndoHCF, mengatakan, pogram penghargaan IndoHCF Innovation Awards diadakan sebagai sumbangsih dari IndoHCF untuk ikut mendukung perkembangan dunia kesehatan di Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan program pemerintah dan inovasi oleh anak bangsa.

“IndoHCF Innovation Awards bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada instansi dan individu/kelompok perorangan yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesi,” jelas Dr Supriyantoro.

IndoHCF Innovation Awards II-2018 dibagi dalam lima kategori yakni SPGDT, KIA, GERMAS, ALKES, dan ICT HEALTH. Untuk tahun ini khusus kategori SPGDT, KIA, dan GERMAS penghargaan diberikan kepada pemerintah daerah yang sudah berupaya melakukan inovasi terhadap tiga program di atas dan sudah langsung ditetapkan pemenang yang akan menerima penghargaan. "Kita harus memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah melakukan upaya inovasi dalam menyukseskan program Pemerintah, khususnya di bidang kesehatan," katanya.

Berikut para pemenang IndoHCF Innovation Awards II-2018 untuk tiga kategori tersebut. Pertama, Kategori SPGDT, penghargaan diberikan kepada pemerintah daerah, yakni Provinsi Daerah Istimewa Aceh yang memiliki inovasi program SPGDT dalam membangun jejaring antara Provinsi dengan Kabupaten/ Kota di wilayahnya. Kemudian, Kota Bandung yang memiliki inovasi jejaring lintas sektoral. Penghargaan untuk Kabupaten Kepulauan Sula, walaupun dengan segala keterbatasan kemampuan daerah yang terdiri atas beberapa kepulauan, ternyata mampu melakukan inovasi dalam proses rujukan antar pulau.

Selanjutnya, Kategori KIA, penghargaan diberikan kepada Pemerintah Daerah Kota Semarang dengan program GIAT (Gerakan Ibu Anak Sehat) bersama Gasurkes KIA (Petugas Surveilans Kesehatan Ibu Anak) dengan inovasi deteksi dini terhadap permasalahan Kesehatan Ibu dan Anak, yang diharapkan dapat mempercepat penanganan masalah KIA.

Demikian pula Kategori Inovasi GERMAS, penghargaannya diberikan kepada Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta, dengan inovasi gerakan masyarakat melalui optimalisasi Kelurahan Siaga. Penghargaan juga diberikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, dengan inovasi gerakan masyarakat yang multietnis dan lintas sektoral.

Untuk 2 Kategori lainnya yaitu Inovasi Alkes dan ICT Kesehatan, ditetapkan masing-masing 5 finalis, yang penetapan urutan pemenangnya akan ditetapkan pada malam penghargaan hari Kamis 26 April 2018 dimulai jam 19.00 di Ballroom Fairmont Hotel .

Berikut Finalis lima terbaik untuk Kategori inovasi Alkes ( sesuai urutan abjad judul karya ):

Prof. Dr. Aulanni'am, Drh., DES Institut Biosains Universitas Brawijaya Biosains Rapid Test GAD65 Malang
Agus Hadi Santosa W Pusat Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Material Inovasi Implan Tulang SS 316L Serpong
Dr. Agung Budi Sutiono, SpBS, PhD, Dr.Med.Sci. Agung Budi Sutiono, SpBS., PhD., Dr.Med.Sci. Intraoperatif Elektroensefalogram (EEG) dan Pelacak Aliran Pembuluh Darah ke Otak Untuk Deteksi Dini Bandung
dr. Soni S. Sulistiawan, SpAn, FIPM dr. Soni S. Sulistiawan, SpAn, FIPM;  dr. Bambang P. Semedi, SpAn KIC; dr. Yopie Wiguna; dr Kartika Misalina; Rezki M. Hidayatullah; Muhamad Nofgi Portable Wireless Monitor Surabaya
Alfi Maghfirah Tristanto Rachmadi Wibowo RPL(Robotic Prosthetic Limbs) Surabaya

 

 

Finalis lima terbaik untuk Kategori Inovasi ICT Bidang Kesehatan (sesuai urutan abjad judul karya ):

Mutia Husna Avezahra Instansi Indonesia Medika InMed Malang
dr. Arif Herdian Susilo Instansi Puskesmas Tebet Layanan VIP Ala Puskesmas Jakarta
Arbi Iskandar Instansi RSUD Budhi Asih Si Ali Jadul Jakarta
Jimy Candra Gunawan Instansi Indonesia Medika SiapaPeduli.id Malang
dr. Titin Hardiana Instansi dr. Titin Hardiana Sistem Informasi Pemetaan Profil Lingkungan Depok

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)