Business Research Trends

Deretan Merek FMCG yang Paling Banyak Dipilih oleh Konsumen Indonesia

Kantar Indonesia, Worldpanel Division baru saja merilis publikasi teranyarnya, Brand Footprint Indonesia 2021. Ini adalah studi tahunan Kantar yang mengukur merek mana yang paling dipilih oleh konsumen. Brand Footprint meliputi lima sektor FMCG, yakni makanan, minuman, produk susu, perawatan rumah, dan perawatan tubuh.

Peringkat Brand Footprint Indonesia tahun ini mencakup 97% dari total rumah tangga baik di kota besar, kota kecil, dan daerah lainnya yang merepresentasikan 68 juta rumah tangga. Venu Madhav, General Manager Kantar Indonesia, Worldpanel Division mengungkapkan, di 2020 merupakan tahun yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Banyak industri yang harus melewati jalan yang terjal untuk bertahan dan bertumbuh terlepas dari adanya tantangan pandemi. Industri FMCG mampu melewati berbagai tantangan dengan cara menerapkan strategi[1]strategi yang berfokus pada kebutuhan konsumen yang dinamis dan terus berkembang.

Beberapa hasil dari Brand Footprint Indonesia 2021 antara lain: pertama, lima kategori produk FMCG yang paling banyak dipilih konsumen, yakni mie instan, biskuit, kopi

instan, deterjen, dan penyedap rasa memiliki keterikatan tersendiri dengan konsumen di Indonesia. Hal ini terlihat dari persentase jumlah konsumen yang membeli kategori-kategori tersebut setidaknya mencapai 95% atau dalam kata lain, 95 dari 100 rumah tangga di Indonesia pernah membeli produk dari kategori tersebut.

Kedua, sektor makanan mendominasi 10 peringkat teratas dan juga mendominasi peringkat 10 besar merek-merek yang bertumbuh pesat pada tahun 2020. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan pandemi yang membuat konsumen lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk memasak dan makan di rumah.

Ketiga, Indomie terus menjadi merek pilihan nomor satu bagi konsumen di Indonesia dan memegang posisi yang kuat di tingkat global, yakni di posisi ke-7 Global Brand Footprint 2021. Indomie menjadi pilihan bagi rumah tangga sebagai asupan makanan yang cepat dan rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan negara lain.

Keempat, merek-merek bumbu masak seperti Sasa, Masako, Royco, dan Bango menjadi pilihan teratas bagi konsumen Indonesia sepanjang tahun 2020 sebagai penunjang kegiatan memasak dari rumah yang semakin populer di masa pandemi ini.

Kelima, terkait dengan hadirnya pandemi di tahun 2020, preferensi masyarakat di sektor perawatan rumah dan sektor perawatan tubuh menunjukkan tren yang positif bagi produk-produk yang menawarkan perlindungan dari sisi kesehatan dan kebersihan.

Keenam, ekonomi merupakan salah satu merek perawatan rumah tangga yang tumbuh paling pesat di antara merek-merek yang berhasil menempati peringkat 20 besar. Ekonomi menawarkan perlindungan ekstra bagi keluarga dalam hal kebersihan dan juga mewarkan harga yang terjangkau.

Ketujuh, bermain di beberapa kategori juga merupakan salah satu strategi merek untuk memiliki kesadaran merek dan basis konsumen yang kuat. Beberapa merek seperti Lifebuoy (di posisi ke-8), Frisian Flag (di posisi ke-9), and Indofood (di posisi ke-12) mengamankan posisi mereka dalam peringkat 20 besar dengan bermain di beberapa kategori di sektor masing-masing.

Adisti Bramanti, Commercial Director Kantar Indonesia, Worldpanel Division menjelaskan lebih jauh menjelaskan bahwa merek-merek diurutkan berdasarkan Consumer Reach Point (CRP). CRP merupakan matriks yang mengkalkulasikan jumlah rumah tangga yang membeli merek tertentu (penetrasi) dengan berapa kali merek tersebut dibeli (pilihan konsumen).

Untuk meningkatkan CRP dalam keadaan yang fluktuatif di masa pandemi tentunya dibutuhkan strategi yang adaptif terhadap konsumennya; baik dari segi preferensi kegunaan dan manfaat produk, ketersediaan produk di tempat perbelanjaan, kesesuaian harga dan ukuran kemasan, ekspansi produk ke kategori lainnya, dan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli merek. Kantar adalah perusahaan data, wawasan, dan konsultasi di dunia.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved