Deretan Perusahaan dengan GCG Bagus yang Tahan Hadapi Krisis

Implementasi dan keberlanjutan Good Corporate Governance (GCG) sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan berjalan secara efektif dan efisien, sehingga kesehatannya terjamin. Suatu perusahaan dikatakan memiliki tata kelola yang baik jika mematuhi tiga prinsip berikut: akuntabilitas, keadilan, dan transparansi

 “Yang menerima penghagaan kali ini merupakan contoh perusahaan yang tahan (resilient) terhadap krisis. Hal ini dikarenakan oleh tata kelola perusahaan (GCG) yang sudah baik. Kinerja bisnis bisa naik dan turun, akan tetapi apabila suatu perusahaan tata kelolanya sudah bagus, maka kinerjanya akan kembali lagi,” ujar Pendiri & Dirut Economic Review, Irlisa Rachmadiana dalam siaran pers (5/1/2021).

Untuk itulah,  Majalah Economic Review bersama dengan Indonesia - Asia Institute, PPPI dan Grup Ideku mengawali tahun 2021 dengan mengampanyekan pentingnya penerapan GCG di perusahaan, yakni melalui gelaran penghargaan  GCG Zoominars & Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021). Perhelatan ini merupakan acara tahunan yang telah digelar untuk keenam kalinya.

Mengangkat tema “Standardization of the implementation of sustainable GCG after the pandemic Covid-19”, penghargaan kali ini menuntut perusahaan untuk fleksibel dan mampu merespons dengan cepat perubahan pasar. Terutama ketika dunia menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Perusahaan dituntut untuk secara konsisten menerapkan tata kelola perusahaan yang baik agar dapat bertahan di tengah pasar yang terdisrupsi.

GCG Zoominars & Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021) hadir sebagai apresiasi yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah mampu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dewan juri menilai kinerja tata kelola perusahaan berdasarkan data publik yang diperoleh dari website, Laporan Tahunan 2019 dan info publik.

“Penilaian ini kami lakukan kepada 1.000 perusahaan publik Tbk dan non Tbk, di mana penyaringan diawali dari kinerja keuangan, SDM, Pemasaran, IT dan operasional dan Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance per Desember 2019. Apresiasi ini diikuti oleh lembaga pemerintah, perusahaan Tbk, BUMN, BUMD, maupun perusahaan swasta.  Dikarenakan pandemi yang tengah berlangsung maka penyerahan penghargaan ini ditahu ini kami laksanakan secara virtual, tanpa mengurangi nilai dari penghargaan ini sendiri,” ujar Ketua Dewan Juri Indonesia GCG Award VI 2021, Dr. Dewi Hanggraeni,MBA,CA,CACP yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Penggiat Tatakelola, Risiko dan Kepatuhan Indonesia, Dosen FEB UI, Waketum PPI bidang Ekonomi.

Dewi menegaskan,  penerapan GCG bagi seluruh perusahaan di Indonesia patut untuk diberikan apresiasi sehingga diharapkan akan lebih memotivasi perusahaan-perusahaan di Indonesia agar lebih maju dan pada akhirnya mempunyai daya saing global. “Semoga untuk perusahaan yang mendapatkan ranking 1 2 3 tetap semangat untuk terus jauh lebh baik lagi, jangan merasa sudah cukup, tapi harus semakin baik lagi kedepannya untuk meningkatkan kinerja dan juga untuk  meningkatkan daya saing perusahaan agar mampu meng-global,” tambah Dewi.

Adapun para pemenang Indonesia GCG Award VI 2021 antara lain: PT Telkom Tbk, PT AKR Indonesia Tbk, PT Bank Bukopin Tbk, PT Bank Negara Indonesia, BPD SulSelBar, PT AKR Corporindo Tbk, Bank Victoria, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya Beton Tbk, Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk, Jasa Raharja, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Bank BJB Tbk, PT Asuransi BRI Life, PT Bank Jabar Banten Syariah, PT Asuransi Jasindo, PT Bank NTB Syariah, PT Maybank Indonesia Finance, PT Bank Central Asia Tbk, PT Mandiri Tunas Finance, PT Bank BPD NTT.

www.swa.co.id       

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)