Destinasi Pendidikan Borobudur Edupark Dibuka untuk Umum

Destinasi wisata Borobudur Edupark dibuka di Magelang, Jawa Tengah. Wahana destinasi ini merupakan kolaborasi antara PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dengan PT Nakula Sadewa Design Art, serta komunitas pecinta Borobudur. Edupark yang resmi diluncurkan pada Minggu (9/01/2022) itu bertujuan untuk melakukan konektivitas destinasi di kawasan Candi Borobudur dan Kabupaten Magelang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungannya mengatakan aktivitas wisatawan tidak lagi hanya mengunjungi candi, mereka bisa menikmati seni, tarian, dan produk-produk dari warga sekitar Borobudur. "Dengan demikian Borobudur dan sekitarnya ini akan mendorong orang untuk hadir karena dia ingin senang, bahagia, ingin harmoni itu tercipta dan mudah-mudahan Borobudur Edupark ini bagian dari kontribusi untuk menciptakan harmoni itu," kata dia.

Di Borobudur Edupark, pengunjung bisa mendapatkan informasi dan aktivitas seni seperti memahat, memilih batu, dan membentuknya. Dari sana, pengunjung pun bisa mendapatkan transfer teknologi dan pengetahuan dari para seniman.  "Orang ke sini akan mendapat penjelasan detail bagaimana struktur konstruksi dari Candi Borobudur, bagaimana batu itu terkait dan seterusnya," ujar Nyoman Alim Musthapa, Seniman sekaligus pemilik Borobudur Edupark.

Ia menuturkan, edukasi yang ditawarkan di Borobudur Edupark antara lain membuat karya sendiri atau diajarkan dengan menggunakan media batu, tanah liat, dan semen. Di luas area 2,5 hektare ini, pengunjung juga bisa melihat patung monumen yang pernah dibuat Nyoman seperti Patung Soedirman, Soekarno, dan Pangeran Diponegoro serta sejumlah patung hasil karya di beberapa negara termasuk miniatur Angkor Wat. 

"Borobudur Edupark merupakan destinasi yang menitikberatkan pada wisata edukasi dan dikemas secara natural dengan konsep outdoor garden,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT TWC, Hetty Herawati. Pemberdayaan masyarakat sekitar, menurutnya, juga akan menjadi fokus utama TWC.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)