Dharma Group Terapkan Teknologi Robotik di Seluruh Pabriknya

Perusahaan manufaktur komponen otomotif PT Dharma Polimetal (Dharma Group), melengkapi fasilitas produksinya dengan serangkaian mesin dan sarana robotik serta otomatisasi di seluruh pabrik perusahaan yang berlokasi di Cikarang, Karawang, dan Cirebon.

Irianto Santoso, Presiden Direktur Dharma Group, mengatakan, sebagai perusahaan yang mempunyai tujuan untuk menjadi perusahaan manufaktur kelas dunia maka pembangunan fasilitas kelas dunia merupakan salah satu prioritasnya. Dharma Group menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi terkini dalam produksi.

“Untuk mewujudkannya, tim engineer kami mendesain dan mengembangkan serangkaian
peralatan dan software untuk mengoptimalkan produksi di pabrik, yang melengkapi penggunaan ratusan robot industri yang kami gunakan,” ujar Irianto.

Contoh rangkaian teknologi tersebut adalah mesin stamping 80 ton hingga 1.200 ton, Cold Forging, CNC/NC Machine, Manual & Robotic Welding, Robotic Spot Welding, Special Purpose Machine, Laser Cutting, dan Laser Drilling.

Peralatan itu juga termasuk peralatan untuk proses finishing seperti Nickel Chrome Plating, Zinc Platting, Spray Painting dengan Robot Paint, Cathode Electro Dipping (CED) Painting, dan Heat Treatment Facility.

Teknologi-teknologi yang paling mutakhir ini mendukung Dharma Group dalam menghasilkan komponen berkualitas tinggi, termasuk Muffler, Swing Arm dan Steering Handle untuk motor, serta Reinforcement Sub Assy Instrument Panel/Beam Comp Steering Hanger, dan Hood Lock serta Member Suspension untuk mobil, dan Fastener.

Dia mengatakan saat ini perusahaan sudah menjadi supplier lokal terbesar bagi sejumlah komponen onderdil otomotif sehingga bersaing dengan perusahaan global. Misalnya pada komponen seperti beam comp steering hanger untuk dashboard mobil, serta kabel listrik dan kabel kontrol untuk motor, Dharma Group menjadi supplier lokal terbesar.

Produk-produk tersebut didistribusikan kepada pabrikan-pabrikan otomotif terkemuka, seperti
PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, serta PT Honda Prospect Motor dan digunakan secara luas untuk kendaraan roda dua dan roda empat lainnya di Indonesia.

Dengan menggunakan fasilitas kelas dunia, anak perusahaan Triputra Group ini yakin dapat menjadi perusahaan manufaktur komponen otomotif terkemuka dan terus kompetitif di industri yang selalu berkembang ini, baik secara nasional dan internasional.

“Kami menyadari bahwa kompetisi yang kami hadapi tidak hanya dengan sesama perusahaan
nasional tetapi juga perusahaan global dan berkelas dunia lainnya. Seiring terus bertumbuhnya industri otomotif dan semakin banyaknya pemain yang terlibat, Dharma Group memahami bahwa kami harus menjadi perusahaan kelas dunia dengan memanfaatkan teknologi,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)