Trends

Didepan Erick Thohir, Pos Indonesia Perkenalkan Pospay dan PosAja

Didepan Erick Thohir, Pos Indonesia Perkenalkan Pospay dan PosAja
Menteri BUMN RI, Erick Thohir saat mengunjungi Kantor Pos Bogor di Jl Juanda no 5 pada Sabtu (11/9). (Dok. PT Pos Indonesia)

PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan platform baru layanan digital Kurir dan Jasa Keuangan seperti layanan digital PosAja!, Pospay, serta Pos Migran Indonesia kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Hal tersebut dilakukan dalam acara kunjungan kerja Erick ke Kantor Pos Bogor, Jalan Juanda Nomor 5 Bogor, pada Sabtu, 11 September 2021.

PT Pos Indonesia mengungkapkan layanan digital Pospay sangat membantu pedagang kecil dan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank atau unbankable.

“Pospay sangat tepat menjadi sarana digital financial inclusion. Pospay membantu pedagang kecil dan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dapat melakukan transaksi seperti perbankan,” ujar Direktur Utama Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pospay, lanjut dia, juga membuka peluang nasabah mendirikan unit bisnis kantor pos mandiri berupa Pospay Agen. Layanan Pospay bahkan menjangkau kebutuhan para pekerja migran Indonesia untuk transaksi keuangan dari luar negeri untuk kebutuhan transaksi di dalam negeri.

Ia mengatakan banyak layanan keuangan digital yang dapat dinikmati oleh pengguna Pospay mulai dari layanan transaksi pembayaran berbagai macam tagihan, transaksi Q-RIS, transfer dana rekening giro pos ke berbagai rekening bank hingga Rp 50 juta per hari, kirim weselpos kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank, saldo tidak terbatas, layanan syariah termasuk zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan qurban, tidak adanya biaya administrasi bulanan maupun bunga atas simpanan, hingga pembayaran pajak sebagai bentuk dukungan bagi pembangunan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Faizal menyampaikan laporan terkait beragam layanan digital yang telah dikembangkan Pos Indonesia seperti PosAja!, Pospay dan berbagai layanan lainnya. Faizal menjelaskan bahwa sejumlah layanan digital tersebut merupakan bentuk komitmen PT Pos Indonesia (Persero) untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, sesuai dengan perkembangan teknologi dan keuangan saat ini.

Kepada Erick Thohir, Faizal juga menjelaskan mengenai fitur aplikasi PosAja! Pospay serta pemanfaatan aplikasi Pospay oleh Pekerja Migran Indonesia di Taiwan.

Beragam layanan digital kurir dan jasa keuangan telah diluncurkan sebelumnya. Peluncuran “Pos Migran Indonesia” diselenggarakan pada 6 April 2021, sementara peluncuran sejumlah layanan digital seperti PosAja! Dan Pospay dilakukan pada 26 Agustus bertepatan dengan peringatan Ulang Tahun Pos Indonesia ke-275.

Dalam kesempatan tersebut, Erick juga melakukan bincang-bincang dengan para Oranger, petugas pos kemitraan untuk pelayanan kurir. Selain itu dilakukan simulasi pengiriman dana dari seorang pekerja migran Indonesia di Taiwan untuk keluarganya dengan menggunakan POSPAY, serta pengiriman vitamin dan APD sebanyak 1.000 paket kepada para nakes di Puskesmas melalui Aplikasi PosAja.

Di penghujung acara, Erick Thohir menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai kepada sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan demo QRIS di booth UMKM.

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved