Marketing Trends

Digitalisasi dan Kolaborasi Kunci Dailybox Terus Bertumbuh

Digitalisasi dan Kolaborasi Kunci Dailybox Terus Bertumbuh
Bersama dengan Chef Arcad dan Dody, Chef Juna dan Renatta fokus mengembangkan menu-menu seasonal Dailybox.

Di masa pandemi Covid-19 ini kolaborasi menjadi suatu keharusan. Selain menciptakan ikatan dengan pemilik bisnis lain, kolaborasi merupakan cara efektif mempercepat pertumbuhan bisnis. Melalui kolaborasi, dua usaha berbeda dapat melengkapi kelemahan satu sama lain sehingga diharapkan mendapat win-win solution.

Seperti yang dilakukan oleh Dailybox, startup restoran online multi-brand ini resmi berkolaborasi dengan Breadlife. Produk best-seller Breadlife kini sudah dapat dibeli di gerai serta platform digital Dailybox di Grabfood, Gofood, dan Shopeefood. Kolaborasi ini dinilai sejalan dengan misi Dailybox menjadi platform kolaborasi yang menawarkan produk yang praktis, berkualitas dan ramah di kantong.

“Sejak PPKM, pangsa pasar sarapan dan santap sore tumbuh cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Kami berharap kolaborasi Dailybox dengan Breadlife dapat menjadi jawaban bagi para Dailypeople yang kerap mencari suguhan sarapan atau cemilan sore yang harganya bersahabat dan praktis,” ungkap Kelvin Subowo, Co-founder Dailybox.

Zulfahmi Hasyim, General Manager Operasional, Breadlife mengungkapkan, pihaknya sempat harus menutup gerai yang berlokasi di pusat perbelanjaan, perkantoran serta rumah sakit, dan membuat gerai pop-up di tepi jalan karena pandemi Covid-19. Penutupan yang berdampak bagi produksi dan kelangsungan kerja para karyawan, melatarbelakangi keputusan Breadlife untuk mencari mitra dalam proses pendigitalisasian lini bisnisnya.

“Kami mempunyai hampir 100 gerai di Indonesia. Mayoritas gerai kami yang berlokasi di pusat perbelanjaan harus tutup akibat dari pembatasan kegiatan masyarakat. Agar tetap bisa beroperasi, kami memutuskan untuk mencari mitra guna membantu digitalisasi Breadlife,” kata Zulfahmi.

Menurutnya, Dailybox memiliki infrastruktur dan digital presence yang kuat. Berada di 120 lokasi di Indonesia menjadikan Dailybox sebagai operator cloud kitchen terbanyak di Indonesia. Oleh karena itu, kata Zulfahmi, pihaknya mengajak Dailybox berkolaborasi menghadirkan varian produk Breadlife guna melengkapi ricebox yang dibuat oleh para Chef terkenal.

Kemampuan Dailybox untuk berkolaborasi dengan brand dan individu diapresiasi oleh Yansen Kamto, Founder dari Kinesys Group, yang merupakan salah satu investor Dailybox. “Saat para pengelola online multi-brand F&B sering kali membuat brand baru, Dailybox menghadirkan terobosan baru dengan menjadi platform kolaborasi bagi brand lain dan figur publik. Inovasi dan ekspansi seperti ini yang kami yakini dapat membuat Dailybox berkembang lebih cepat,” ujar Yansen Kamto.

Berawal dari usaha nasi kotak, Dailybox mengukuhkan posisinya sebagai start-up di bidang F&B setelah mendapatkan pendanaan seri A yang dipimpin oleh Vertex Ventures dengan Kinesys Group sebagai partisipannya pada Juli 2021.

Yansen Kamto menjelaskan, “Dailybox menarik perhatian kami karena merupakan salah satu brand yang berkembang pesat di tengah situasi pandemi Covid-19. Kami mencatat sebelum pandemi, Dailybox hanya berada di 15 lokasi. Ketika pandemi, Dailybox terbukti dapat bertahan dan mengembangkan lokasi hingga ke 120 titik di Indonesia, termasuk Medan dan Pontianak,” katanya.

Menurut Yansen, ini menunjukkan dua hal. Pertama, bisnis modelnya cukup pandemic-proof. Kedua, tim Dailybox cukup jeli dalam beradaptasi dengan keadaan lewat inovasi dan transformasi digital yang mereka lakukan.

Titik balik Dailybox dimulai pada pertengahan 2018. Di kala konsep dine-in masih mendominasi sektor F&B, Dailybox meyakini bahwa layanan pesan-antar makanan secara daring akan menjadi new normal di sektor ini. Karenanya, Dailybox mulai mengembangkan infrastruktur fisik dan digital yang diperlukan untuk mengembangkan model bisnis cloud kitchen.

“Pandemi Covid-19 adalah situasi sulit, termasuk bagi pemain F&B di mall yang harus tutup karena pembatasan kegiatan. Tetapi, berhubung konsep Dailybox memang sudah berbasis cloud kitchen, kami langsung memaksimalkan momentum ini untuk membuka gerai-gerai baru agar bisa hadir lebih dekat dengan Dailypeople. Di situlah kami mencoba mengubah tantangan menjadi peluang,” tutur Kelvin.

Kelvin mengatakan, saat itu arahan bisnisnya adalah membuat gerai baru dengan cepat dan modal yang minim. Hingga akhirnya Dailybox mulai berkembang dari 15 lokasi menjadi 120 lokasi dengan 90% pendapatan didapat dari jasa pesan antar online.

Sebagai langkah strategis untuk menjangkau pangsa pasar di pulau lain dan meningkatkan utilisasi central kitchen, Dailybox baru saja melakukan ekspansi ke Kalimantan dengan membuka outlet pertamanya di Pontianak, Kalimantan Barat pada Agustus 2021. Dengan area seluas 700 m2, Dailybox Pontianak menjadi gerai terbesar Dailybox saat ini.

Selain mengembangkan bisnis berbasis cloud kitchen, Dailybox juga terus muncul dengan kolaborasi menarik. Bersamaan dengan peluncuran logo baru Dailybox dan kolaborasi terbarunya dengan pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dari RANS Entertainment, Dailybox mengumumkan bergabungnya Chef Juna Rorimpandey dan Renatta Moeloek dengan Daily Family.

Kehadiran dua figur chef ini melengkapi jajaran Chef Dailybox yang digawangi oleh Chef Arcad Fadillah selaku Corporate Executive Chef dan Chef Dody Horison sebagai Head of Kitchen Operations dari grup Dailybox. Kehadiran Chef Juna dan Renatta akan memaksimalkan Dailybox dalam menghidangkan rice box yang unik dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Bersama dengan Chef Arcad dan Dody, Chef Juna dan Renatta fokus mengembangkan menu-menu seasonal Dailybox.

“Chef Juna dan Renatta ini bukanlah sosok asing bagi Dailybox. Chef Juna bahkan sudah berkolaborasi Dailybox sejak tahun 2019. Karena kolaborasi telah terjalin baik, jadi kami sepakat untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan kedua figur ini,” ungkap Kelvin.

Beberapa menu kreasi Chef Juna dan Renatta yang menjadi best-seller Dailybox adalah Ayam Woku Khas Manado dan Se’i Sapi Sambal Susu. Kedua menu ini dapat dipesan langsung lewat aplikasi layanan pesan-antar makanan, seperti Grabfood, Gofood dan Shopeefood.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved