Digitalisasi Pasar Tradisional Bantu Pemulihan Ekonomi

Pandemi Covid-19 telah mempercepat adopsi teknologi digital di semua sendi kehidupan, termasuk dalam berbelanja. Cukup melalui ponsel, kini masyarakat bisa belanja segala kebutuhan sehari-hari. Hal ini tentu berdampak pada pasar tradisional yang sebagian besar masih mengandalkan transaksi tunai.

Untuk membantu pegiat usaha lokal yang terdampak pandemi, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi terus berupaya mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, salah satunya melalui Program Pasar Digital yang telah diluncurkan sejak April 2020.

Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan mengungkapkan, digitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk meningkatkan daya saing para penjual di pasar tradisional berbagai daerah melalui pemanfaatan teknologi. "Harapannya bisa berkontribusi untuk perekonomian daerah," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip SWA Online, Rabu (04/08/2021).

Dalam pelaksanaannya, Emmir dan tim berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan RI dan pemerintah daerah untuk memberikan pendampingan dan edukasi yang intensif kepada pengurus pasar maupun koperasi pasar dalam berbagai bentuk, serta menyediakan wadah untuk saling berbagi dan bertukar informasi.

Saat ini, tujuh pasar digital telah bergabung di Tokopedia antara lain Pasar Cikurubuk di Tasikmalaya, Pasar Sabilulungan di Kabupaten Bandung, Pasar Cihapit di Kota Bandung, Pasar Beringharjo di Yogyakarta, Pasar Anyar di Tangerang, Pasar Kampung Baru dan Pasar Pa'baeng-baeng Timur di Makassar.

Sejak diluncurkan pada November 2020, Pasar Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka, misalnya, telah menyokong ratusan pedagang setempat yang terdampak pandemi. Sedangkan, sejak bergabung dengan Tokopedia pada April 2020, perlahan jumlah produk terjual di Pasar Cikurubuk Online hampir mencapai 40 ribu produk.

Pasar Beringharjo di Yogyakarta yang baru diluncurkan Juni 2021 lalu di sisi lain telah memfasilitasi puluhan pedagang pasar berjualan melalui pemanfaatan platform Tokopedia di tengah pandemi. Pasar Kampung Baru dan Pasar Pa'baeng-baeng Timur di Makassar yang diluncurkan Juli 2021 pun juga telah mengakomodir puluhan pedagang.

Ke depannya, kata Emmir, pihaknya akan memperbanyak kerja sama dengan pemerintah daerah di berbagai penjuru Indonesia untuk mendigitalisasi berbagai pasar tradisional, “Yang akan diwujudkan dalam waktu dekat adalah digitalisasi pasar tradisional di Provinsi Jawa Timur dan Bali,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)